Fortius UMN: Kini UMN Memiliki Komunitas eSports

Leondy, salah satu perwakilan Tim Dota 2 UMN saat diwawancara pada Rabu (27/02/19) di Lecture Theater UMN. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Mengikuti perkembangan eSports di Tanah Air, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kini memiliki komunitas eSports resmi dengan nama Fortius UMN. Pendiri komunitas gim digital tersebut, Andrew Salim berharap platform ini menjadi wadah bagi mahasiswa UMN untuk mengembangkan bakat di bidang eSports.

“Enggak semua gamer (pemain gim) buang-buang waktu, lebih tepatnya kita harus mengembangkan dunia digital saat ini. Ya, eSports ini salah satu yang lagi maju di Indonesia,” pungkasnya pada Seminar eSports: Beyond Gaming, Rabu (27/02/19). Andrew juga melihat mahasiswa UMN memiliki potensi dalam bidang ini.

Andrew Salim (kiri) sedang mempresentasikan mengenai Fortius eSports yang akan memfasilitasi mahasiswa dalam bidang esport di UMN pada Rabu (27/03/2019) di Lecture Theatre UMN, Tangerang. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)

Potensi tersebut terlihat dari kemenangan tim asal UMN pada kompetisi Indonesia eSports League (IEL) University 2019 Series Sabtu lalu. Pada cabang permaianan Mobile Legend, UMN berhasil unggul atas Universitas Indonesia (UI) dengan skor 3-0, dan unggul 2-0 pada gim Dota 2 melawan tim yang sama.

Salah satu perwakilan UMN untuk kontes Dota 2 di Liga tersebut, Leondy menyatakan bahwa awalnya (sekitar awal tahun 2014) eSports mengalami beberapa kesulitan untuk berdiri secara resmi di UMN. Namun, lambat laun UMN sendiri semakin terbuka untuk menerima komunitas eSport secara resmi.

“Emang awalnya UMN sendiri emang agak susah untuk menerima eSports, awal tahun ajaran saya. Terus makin lama makin ke sini, saya dengar mulai dari akhir tahun kemarin komunitas eSports sudah diterima sama UMN. Jadi, dibuatlah liga universitas ini. Kebetulan salah satu pesertanya UMN diundang.”

Sebagai bukti dukungan universitas terhadap cabang olahraga ini, UMN menyediakan satu ruangan di gedung C dengan fasilitas komputer dan Wi-Fi bagi duta kompetisi eSport kampus untuk berlatih.

“Untuk teman-teman, bagi kalian yang berminat dalam dunia games atau ingin menjadi atlet eSports bisa bergabung ke komunitas eSports UMN ini. Join-nya free dan pasti orang-orangnya bakal seru semua,” tutup Leondy.

Untuk saat ini, terdapat dua tim Mobile Legend, satu tim Dota 2, dua tim PUBGM, dengan total anggota internal sebanyak 35 orang dalam Fortius UMN.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Ivan Jonathan

Foto: Kevin Oei Jaya