Setahun Bersama HMDKV Gen 2

Foto HMDKV
HMDKV merupakan bagian dari himpunan Mahasiswa di UMN yang saat ini menuju kepemimpinan generasu ke 3. (ULTIMAGZ/ Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Himpunan Mahasiswa DKV (HMDKV) UMN sebentar lagi akan memulai kepemimpinan generasi ketiga pada pelantikan ketua dan wakil ketua himpunan, Selasa (8/12/20) mendatang. Namun, sebelum himpunan muda ini membuka lembaran baru, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

Hasil Survei ULTIMAGZ

Dalam survei yang diadakan ULTIMAGZ bagi mahasiswa DKV, semua responden sudah mengetahui apa itu HMDKV. Mayoritas mengetahui tentang himpunannya melalui media sosial resmi himpunan.

Selain itu, sudah cukup mengenal program kerjanya. Namun, memang ada kritikan dari beberapa responden tentang kejelasan dan kecepatan informasi.

“Infonya kurang gercep, sih, menurut aku. Info buat SKKMnya suka kurang jelas di beberapa kegiatan. Ada juga yang SKKMnya lama dan sampai sekarang belum dapet,” tulis seorang responden dari DKV 2019.

Program kerja yang paling banyak diketahui oleh responden adalah konten prodi atau pengenalan prodi DKV dengan jumlah 66 responden. Sementara untuk program kerja yang paling jarang diketahui adalah Fox DKV dengan jumlah 25 responden.

Perihal penyampaian aspirasi, 5,5 persen atau empat responden pernah mencoba untuk menyampaikan ke HMDKV. 

Dua di antaranya mengaku mendapat tanggapan dan merasakan perubahan, tetapi tidak dengan dua responden lainnya.

.

Mayoritas responden mengaku tidak pernah menyampaikan aspirasinya karena sudah cukup puas. Namun, di satu sisi banyak juga yang mengaku bahwa mereka tidak tahu atau kurang paham cara untuk menyampaikan aspirasi ke HMDKV.

Secara keseluruhan, para responden tidak banyak kritikan atau saran yang ingin disampaikan ke HMDKV perihal kinerjanya selama setahun terakhir. 

Semoga kedepannya HMDKV bisa menyelenggarakan program-program yang dapat dikenal dan dirasakan manfaatnya secara merata bagi seluruh himpunan mahasiswa DKV UMN. Terlebih karena saat ini telah memasuki perkuliahan online di mana situasi dan cara pembelajaran yang telah berubah,” tulis salah satu responden dari DKV 2018.

Program Kerja yang Dibatalkan

HMDKV memiliki delapan acara, yakni Konten Prodi DKV, Ascape, Kurawal, Kantung Mata, Fox, Sosialisasi  Besar, Ultigraph, dan Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI). Sementara Ultigraph dan KMDGI masih menjadi rencana untuk tahun 2021, Ketua HMDKV Generasi Kedua Sekar Ayu Prasanti mengatakan beberapa acara terlaksana dengan baik walaupun terjadi perubahan konsep dan ada yang harus tertunda dengan alasan pandemi Covid-19.

“Kendalanya sih, perubahan dari offline ke online sih, jadi kita harus mikir lagi bagaimana caranya,” ujar Sekar. 

Sekar memberi contoh Kurawal, salah satu program kerja terbesar HMDKV yang sempat diundur dari April ke Oktober. Menurutnya, kegiatan ini berhasil karena dapat mengundang pembicara internasional.

Adapun acara yang terjadwal di awal tahun, seperti sosialisasi besar dapat dilakukan secara luring. Acara ini adalah perkenalan anggota pengurus serta program kerja HMDKV kepada mahasiswa yang akan diayomi, Sekar mengatakan dengan dilaksanakannya sosialisasi besar, mahasiswa dapat mengerti kegiatan dan mengenal pengurus HMDKV. Tidak hanya itu, sosialisasi besar juga memberikan informasi di luar organisasi. 

“Kemarin itu prodi kan sempat nyampein juga tentang semester antara. jadi selain informasi tentang kepengurusan organisasi, sosialisasi besar membantu prodi untuk menyampaikan informasi tentang semester antara,” katanya.

Penulis: Andrei Wilmar, Nadia Indrawinata

Editor: Abel Pramudya 

Foto: Frizki Alfian