Partisipasi Mahasiswa Minim, Kinerja HIMSI Gen 10 Kurang Maksimal

evaluasi kinerja himsi gen 10 (ultimagz)
Walaupun di dalam kondisi pandemi, HIMSI Gen 10 tetap berusaha melaksanakan program kerjanya semaksimal mungkin meski sebagian harus diimprovisasi. (ULTIMAGZ/Reynaldy Michael)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Kinerja Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Gen 10 kurang maksimal, khususnya terkait kekompakan dan penyaluran aspirasi mahasiswa.  Selain itu, tingkat partisipasi mahasiswa sistem informasi kepada himpunannya pun masih terbilang cukup rendah. 

Perihal minimnya partisipasi mahasiswa turut diakui oleh ketua HIMSI Gen 10 Angelia Chandra sebagai salah satu faktor kurang maksimalnya kinerja himpunan. Saking rendahnya, mereka terpaksa hanya mengandalkan satu evaluasi umum terkait setiap program kerja yang seharusnya mempunyai formulir evaluasi tersendiri. 

“Mungkin ini yang masih kurang maksimal di gen ini, kami hanya mengandalkan masukan melalui form evaluasi program kerja, tapi tidak ada program kerja terkhusus untuk aspirasi sendiri. Adapun hal ini pernah dilakukan tapi hasilnya kurang maksimal karena partisipasi yang kurang,” jawab Angelia Chandra saat diwawancara oleh ULTIMAGZ.

Tampilan diagram penyampaian aspirasi kepada HIMSI Gen 10
Tampilan diagram penyampaian aspirasi kepada HIMSI Gen 10

Kurang maksimalnya HIMSI Gen 10 juga terlihat dari keseluruhan jawaban responden survei yang dilakukan oleh ULTIMAGZ kepada mahasiswa sistem informasi UMN angkatan 2017-2020. Dari 35 responden, ada 94,3 persen mahasiswa yang sudah mengetahui adanya HIMSI. Dari jumlah tersebut hanya 45,5 persen mahasiswa yang mengetahui kegiatan dan program kerja yang dicanangkan. Kebanyakan dari mereka pun memperoleh informasi tersebut melalui Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) dan informasi dari teman.

Tampilan diagram batang tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap program kerja HIMSI dalam skala 1-5
Tampilan diagram batang tingkat pengetahuan mahasiswa terhadap program kerja HIMSI dalam skala 1-5

“Program kerja yang sudah dilaksanakan sampai saat ini masih kurang profesionalitas dan kesiapannya sehingga program kerja cukup tidak kompak,” tulis salah satu responden.

Usaha tingkatkan partisipasi

Kendati demikian, HIMSI masih berupaya untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa sistem informasi dengan menambah program kerjanya di kala pandemi, yaitu TakeOver. Setiap minggunya, semua pengurus HIMSI mengambil alih Instagram akun @umn_si  sebanyak dua kali dan menyediakan konten asyik untuk mahasiswa sistem informasi UMN. 

“Karena selama pandemi tidak bisa melaksanakan kegiatan apa-apa secara fisik, jadi HIMSI Gen 10 memutuskan untuk meningkatkan hubungan melalui Instagram himpunan,” jelas Angelia Chandra.

Sebagai bentuk adaptasi pandemi COVID-19 HIMSI gen 10 juga melaksanakan sebagian besar proker secara online, seperti ISFEST UMN, Kampanye ‘Social Is Me’ (SIM), FUNSPORT 2020, dan Siberian Week. Namun, ada juga beberapa program kerja yang terpaksa harus dibatalkan akibat kondisi yang tidak memungkinkan, seperti TRAP dan Studi Banding Himpunan.

 

Penulis: Christabella, Reynaldy Michael, Vellanda
Editor:  Abel Pramudya
Foto: Reynaldy Michael