Facebook Luncurkan Panduan Think Before You Share

Suasana pembukaan acara Think Before You Share, bersama (kiri ke kanan) Fabelyn Baby Walean selaku Public Relations dari komunitas Sudah Dong, M. Farhan selaku Sekertaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa, dan Clair Deevy selaku Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook. Acara ini dilaksanakan saat Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (31/7).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Facebook bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan komunitas anti-bullying di media sosial, Sudah Dong meluncurkan panduan dan kampanye bertajuk Think Before You Share. Acara ini dilaksanakan saat Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (31/7), dan dihadiri oleh M. Farhan selaku Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa dan Clair Deevy selaku Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook.

Think Before You Share adalah sebuah panduan bagi anak muda untuk menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Seperti contohnya, bukanlah sebuah ide baik untuk menyebarkan seluruh informasi pribadi di media sosial, baik itu data pribadi, nomor telepon, foto, hingga video.

Pasalnya, hal tersebut dapat menjadi sebuah bumerang bagi diri sendiri. Hal yang diunggah ke media sosial kemudian dapat dilihat oleh orang yang kita kenal maupun tidak. Dari hal tersebut, dapat muncul tindakan yang tidak diinginkan baik kepada diri sendiri maupun orang lain.

Acara ini disambut cukup baik oleh warga Jakarta yang sedang asyik bersantai maupun berolahraga di Car Free Day pagi itu. Sebagai bentuk kampanye, panitia dan relawan membagikan balon bertuliskan #ThinkBeforeYouShare sambil mengajak untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

“Sosial media itu bukan tentang diri sendiri, tetapi tentang orang lain. Mengunggah sesuatu di sosial media itu bukan untuk diri sendiri, tetapi membagikannya untuk orang lain,” ujar Farhan.

Antusiasme para relawan pun terbayarkan dengan respon dari masyarakat Jakarta yang ikut serta mengunggah foto-foto mereka ke media sosial dengan kata-kata positif dan tagar #ThinkBeforeYouShare. Hal ini sesuai dengan harapan mereka agar masyarakat ikut serta dalam mendukung dan mensosialisasikan #ThinkBeforeYouShare sebagai pengguna media sosial.

Tidak sampai di sini saja, Do Something Indonesia, yaitu komunitas berbasis online di bawah YCAB, akan mengadakan Kampanye Day Out & Community Gathering Think Before You Share di lima kota besar di Indonesia. Adapun lima kota besar tersebut adalah Malang, Denpasar, Balikpapan, Palembang, dan Bandung. Tujuan diselenggarakan acara tersebut adalah mensosialisasikan panduan Think Before You Share.

 

Penulis: Silsa Dea Suryana

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: Silsa Dea Suryana