Kenang 500 Tahun Kematian Leonardo da Vinci Lewat Pameran “Leonardo Opera Omnia”

Pengunjung sedang melihat salah satu reproduksi mahakarya Leonardo da Vinci di pameran “Leonardo Opera Omnia”, Museum Mandiri, Jakarta Barat pada Rabu (05/02/20). (Foto: kompas.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Kedutaan Besar (Kedubes) serta Institut Kebudayaan Italia di Jakarta menggelar pameran keliling bertajuk “Leonardo Opera Omnia” untuk mengenang 500 tahun kematian Leonardo da Vinci. Pameran ini hadir sejak Kamis (06/02/20) hingga Selasa (03/03/20) di Museum Mandiri, Jakarta Barat dengan 17 reproduksi mahakarya Leonardo dengan high-definition dan skala sesuai ukuran aslinya.

“Kami bangga mempersembahkan karya Leonardo da Vinci kepada pecinta seni di Indonesia. Ia adalah salah satu seniman paling berpengaruh dalam sejarah,” kata Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli pada Rabu (05/02/20).

Pameran hasil karya salah satu master renaisans ini menggambarkan Leonardo da Vinci yang merupakan sosok jenius pada era renaisans. Dari 17 reproduksi karyanya, ada dua karya agungnya yang ikut ditampilkan, yaitu Mona Lisa atau La Gioconda sebagai karya lukisan yang paling terkenal di dunia dan The Last Supper. Setiap lukisan diletakkan di atas kanvas dengan konsep membelakangi cahaya sehingga lukisan terlihat lebih hidup, khususnya The Last Supper yang menjadi lukisan dengan skala terbesar.

Foto lukisan The Last Supper di pameran “Leonardo Opera Omnia”. (Foto: kompas.com)

Selain untuk memperkuat hubungan diplomatik bilateral antara Italia dan Indonesia, penyelenggaraan pameran ini juga memiliki tujuan untuk menyampaikan cita-cita Leonardo, yakni meningkatkan kreativitas yang ada dalam diri kita. Sebab, bagi Leonardo, melukis adalah instrumen pengetahuan, penelitian ilmiah, eksperimen profesional yang bersifat tidak biasa atau avant-garde, dan aktivitas intelektual. Ia menganggap lukisan sebagai pencapai pemahaman yang dilakukan melalui peniruan serta interprestasi alam semesta.

Tak hanya menghelat pameran, Kedubes dan Institut Kebudayaan Italia juga menyediakan seminar sehari pada Rabu (19/02/20) di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Mereka juga mengadakan pementasan Teater Patrizia Balloni yang berjudul “Maturina fantesca, erde di Leonardo da Vinci” di Gedung 9, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, Depok pada Senin (24/02/20) pukul 15.00 WIB. Sementara itu, pameran kostum renaisans akan dilaksanakan pada Senin (10/02/20) hingga Sabtu (22/02/20) di Institut Kebudayaan Italia Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Penulis: Sr. Angela Siallagan

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: kompas.com

Sumber: kompas.com, mediaindonesia.com, tabloidbintang.com