Lestarikan Budaya, Elbytri Ramaikan PURNAMA 2020 Dengan Musik Indonesia

Lestarikan Budaya, Elbytri Ramaikan PURNAMA 2020 Dengan Musik Indonesia (ULTIMAGZ)
PURNAMA 2020 Virtual Concert: Pusaka Nusantara ‘tuk muda Indonesia” mengajak para generasi muda untuk tetap melestarikan budaya bangsa di tengah perkembangan zaman yang semakin modern. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu (21/11/2020) melalui Zoom Meeting. (ULTIMAGZ/Melati Pramesthi)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Setelah lewati fase Sabit dan Gerhana, PURNAMA 2020 menutup rangkaian acara dengan konser musik daring pada Sabtu (21/11/20). Bertemakan budaya Indonesia, Elmand Sipasi, Gaby Mariska, dan Triyuwana Putra yang tergabung dalam grup vokal Elbytri menyanyikan lagu-lagu Indonesia dengan gaya yang berbeda. Setiap lagu yang dibawakan diberi improvisasi beserta tarian serempak.

Elbytri membuka penampilan dengan lagu Warna-Warna dan Bagaikan Langit. Kedua lagu yang bernuansa up-beat membuat konser daring yang dimulai pada pukul 18.30 WIB ini menjadi ceria. Selanjutnya, masing-masing personel membawakan lagu secara solo. Lagu Rame-Rame, dan Ekspresi dibawakan Elmand sambil  seru berjoget salsa. Sementara itu, Gaby menyanyikan lagu Sakura dan Triyuwana dengan lagu Tak Kuduga yang dikombinasikan bersama melodi musik film “Dora The Explorer”. Kombinasi unik tersebut dipicu oleh candaan Elbytri saat sedang transisi ke lagu berikutnya.

“Aku ‘kan half mexican, ola. Kenalin, Dora The Explorer,” ucap Elmand yang mengundang tawa dari penonton konser virtual ini.

Sering diselingi oleh gimik jenaka, Elbytri juga membawa nuansa melankolis dengan medley lagu Stand Up, My Heart Will Go On, dan I Have Nothing yang memukau. Saat penampilan trio tersebut akan berakhir, lagu Gemintang Hatiku, Lets Get Loud, dan Semua Jadi Satu dipilih menjadi lagu penutup. 

Banyak membawakan lagu-lagu hit Indonesia, Elbytri berhasil menunjukkan bahwa karya musisi Indonesia tidak kalah dari segi kualitas dengan musik luar. Hal ini selaras dengan tujuan PURNAMA sebagai acara yang mengajak generasi muda untuk merasa bangga terhadap budaya Indonesia.

“Elbytri dari semua lagunya, dia membawakan lagu-lagu Indonesia yang sudah hit dan aku bangga banget. Karena ternyata, lagu-lagu Indonesia tuh bagus-bagus banget gitu. Jadi temen-temen jangan pernah keseringan dengerin lagu barat karena kita juga perlu, lho, dengerin lagu-lagu karya bangsa Indonesia. Terus dengerin lagu-lagu Indonesia dan dukung industri musik Indonesia,” ujar Stefany selaku pembawa acara.

Bukan hanya Elbytri yang turut memeriahkan PURNAMA 2020. Ada pula band Hagara dan Canda yang menampilkan karya orisinalnya di awal acara. Hagara membawakan Solace, Jagad, dan Khayat sementara, Canda menghibur penonton dengan lagunya Timur, Are We, Salma, dan Ganesha Girl. 

PURNAMA sendiri merupakan singkatan dari Pusaka Nusantara tuk Muda Indonesia, sebuah acara yang bertujuan untuk meningkatkan rasa bangga anak muda Indonesia terhadap budayanya. Rangkaian acaranya meliputi Sabit, Gerhana, dan Purnama. Sabit merupakan kontes foto mix and match pakaian tradisional Pakai Apa Hari Ini (PAHI) yang berlangsung pada Minggu (08/11/20) hingga Rabu (18/11/20). Sementara itu, Gerhana adalah gelar wicara yang menghadirkan Manik Marganamahendra, Andanu Prasetyo, dan Franky Augustinus.

 

Penulis: Vellanda

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Fotografer: Melati Pramesthi