Mengenal Teknologi ‘Blockchain’ dan ‘Big Data’ Masa Kini

Pandu Sastrowadoyo sebagai Sekjen Asosiasi Blockchain Indonesia menerangkan teknologi 'blockchain' pada Rabu (27/03/19) di Jakarta Design Center. (ULTIMAGZ/Hanasya Shabrina)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak perubahan, seperti munculnya aset virtual dan robot pintar. Teknologi tersebut dikenalkan melalui seminar yang diadakan oleh Techfor.id dan Babastudio.com yang bertajuk Digital Mind Transformation pada Rabu (27/03/19) di Jakarta Design Center, Jakarta Pusat.

“Bitcoin sebuah blockchain, namun blockchain tidak selalu bitcoin,” ujar Pandu Satrowadoyo, Sekretaris Jenderal Asosiasi Blockchain Indonesia yang sudah berpengalaman selama enam tahun di IBM (International Business Machines Corporation).

Blockchain, ada satu buah blok data yang diisi penuh, begitu penuh, data dienkrip [diubah menjadi bentuk huruf acak atau dikenal sebagai hash] dan hash [huruf acak]-nya dimasukkan ke dalam blok data berikutnya dan seterusnya. Berbeda dengan enkrip database, karena sebuah tabel yang dienkrip, struktur datanya tetap tabel, apabila kena hack, enkripsinya terbuka, datanya terlihat semua. Blockchain struktur datanya enkripsi,” lanjutnya.

Blockchain merupakan salah satu teknologi yang tidak banyak orang ketahui, namun teknologi tersebut cukup ditakuti oleh sebagian perusahaan besar yang masih menggunakan encrypted database dalam bidang keuangan di Indonesia. Keamanan yang dimiliki blockchain sangatlah tinggi, sebab teknologi tersebut mengamankan untuk setiap datanya. Salah satu implementasi blockchain adalah bitcoin.

Seminar tersebut juga mengajarkan bagaimana big data berperan penting dalam robot pintar atau AI (Artificial Intelligence).

Data merupakan hal penting dalam bidang teknologi yang dapat berupa numerik ataupun kategorikal. Sebuah mesin belajar dari data yang telah dianalisa dan bergerak sesuai informasi yang tersimpan di dalam mesin tersebut. Pergerakan mesin bergantung pada data yang diberikan untuk diolah.

Tanpa disadari, salah satu keseharian dalam menggunakan sosial media, seperti gaya tulisan dalam memberikan komentar dan waktu ketika mengunggah konten sudah menjadi sebuah data yang dapat dianalisa. 

Techfor.id bersama Babastudio.com juga mengadakan pendidikan IT secara gratis melalui program “Beasiswa 1000 Digital Talents” sebagai programmer & data scientist, digital marketer, dan desainer. Beasiswa tersebut terbuka untuk SMA/SMK dan mahasiswa di Indonesia.

 

Penulis: Hanasya Shabrina

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Hanasya Shabrina