“Meta” Gerald Situmorang dan Sri Hanuraga Kenalkan Warna Baru dalam Jaz Duo

Duo Gerald Situmorang (gitar) dan Sri Hanuraga (piano) melakukan Geladi Resik untuk mempersiapkan diri dalam acara Jazz Buzz 2019 di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, Jumat (08/02/19). Mereka akan menampilkan sejumlah komposisi dari album terbaru yang berjudul "META" (2019) dan juga eksplorasi musik jaz melalui penggunaan prepared piano, efek gitar, dan DAW (Digital Audio Workstation). (ULTIMAGZ/Azhar Dwi Arinata)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Musisi Gerald Situmorang dan Sri Hanuraga berkolaborasi dalam album terbaru mereka berjudul “Meta” yang dirilis pada Februari 2019. Dalam karya tersebut, GeSit—panggilan Gerald Situmorang—dan Aga (sebutan untuk Sri Hanuraga) memberikan warna baru dalam jaz duo.

“Konsepnya enggak seperti tipikal duo jaz yang organik yang cuma jamming. Kita eksplorasi banyak timbre atau sound karena itu yang kami berdua suka,” ujar GeSit dalam GR Jazz Buzz 2019 di Komunitas Salihara, Jumat (08/02/19).

“Di lagu God of Dragons misalnya, komposisinya panjang banget. Alurnya kemana-mana, banyak ceritanya. Kebanyakan lagu yang ada di album tersebut komposisinya panjang,”

“Meta” yang memiliki makna perubahan atau go beyond merepresentasikan sebelas lagu yang ada di album tersebut. Dalam penampilan mereka, GeSit bereksplorasi dengan tiga gitar dan berbagai efek, sedangkan Aga memainkan dua piano yang sudah dimodifikasi khusus untuk “Meta”.

Pembuatan karya kolaborasi GeSit dan Aga berlangung satu tahun, dimulai dengan latihan pada Desember 2017 hingga “Meta” rilis di Februari 2019. “Pertama kali Meta rilis, banyak respons di media sosial kalau lagu-lagunya lumayan gampang dicerna. Bagi gue itu hal yang spesial,” kata GeSit.

Ide untuk berkolaborasi dimulai saat GeSit melihat permainan Aga yang menurutnya berbeda.

“Gue ngefans sama Aga. Pertama kali liat dia main, he brings it to other level,” tutur GeSit yang kemudian ditimpali oleh Aga, “Kalau Gerald itu mirip anak kecil yang selalu eksplorasi di setiap lagu-lagunya.”

Bagi GeSit, karyanya yang berwarna bright dan musik Aga yang bernuansa dark membuat kolaborasi ini menjadi sebuah keseimbangan.

Kesebelas lagu yang ada di album “Meta”:

  1. Opening A New Door (Karya Gerald Situmorang)
  2. Hyperreality (Karya Sri Hanuraga)
  3. Rintik Hujan (Karya Gerald Situmorang)
  4. Cornucopic (Karya Sri Hanuraga)
  5. Something New (Karya Gerald Situmorang)
  6. God of Dragons (Karya Gerald Situmorang)
  7. Thrown Words (Karya Sri Hanuraga)
  8. Thieves of Mind (Karya Gerald Situmorang)
  9. His Spirit (Karya Sri Hanuraga)
  10. Perjalanan Menuju Ke Sana (Karya Gerald Situmorang)

 

Penulis: Agatha Lintang

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Azhar Dwi