Toraja Kaboro Tampilkan Warna Baru Jakarta Fashion Week 2019

Novita Yunus beserta hasil rancangan busana yang diperagakan oleh model di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, Konsep koleksi ini dinamakan Toraja Kaboro dengan tajuk 'berpikir di luar kotak' Penampilan ini diselenggarakan Senin (22/10/18) Senayan City, Jakarta Pusat. (ULTIMAGZ/Felisitasya Manukbua)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Setelah sukses menampilkan karyanya di Toraja International Festival di Toraja, Sulawesi Selatan, NY by Novita Yunus kembali menampilkan 17 koleksi Toraja Kaboro dalam gelaran Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 di Fashion Atrium, Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (22/10/18) lalu.

Nama Toraja Kaboro yang digunakan dalam konsep koleksi ini berasal dari bahasa Toraja yang berarti “Cinta Toraja”. Menggunakan pola pikir out of the box, Novita memadukan kekayaan budaya tanah Toraja dengan tren mode masa kini, salah satunya melalui corak ukiran khas suku asal Sulawesi Selatan itu.

Koleksi Toraja Kaboro yang ditampilkan merupakan koleksi pakaian perempuan yang terdiri dari jenis seperti pakaian santai dan semi formal. Menggunakan teknik bordir dan mengadopsi motif-motif cetak, pakaian tersebut dibuat dalam bentuk kaftan, one-piece, kimono, serta atasan dan bawahan dengan model pakaian boxy scissor.

Busana Toraja Kaboro yang menonjolkan motif Pa’ kapu’ baka rancangan NY by Novita Yunus di Fashion Atrium Jakarta Fashion Week (JFW) 2019. Senin (22/10/18). (ULTIMAGZ/Felisitasya Manukbua)

Dalam proses pembuatannya juga menggunakan berbagai macam metode seperti tenun pada kain sutra, serta kain sutra dengan tenun motif khas Toraja yang terlirik secara unik, salah satunya adalah motif dari ukiran Pa’ kapu’ baka yang menjadi inspirasi tersendiri dari keindahan Toraja akan kekayaannya.

“Proses pembuatannya menggunakan berbagai metode, di antaranya adalah tenun pada kain sutra, kain tenun dengan tenun khas Toraja, kain tenun Sarita dan beberapa kain dengan motif khas Toraja lainnya,” ungkap Novita Yunus selaku Founder and Creative Director of Batik Chic.

 

Penulis: Felisitasya Manukbua

Editor: Hilel Hodawya

Foto : Felisitasya Manukbua