“Two Can Keep A Secret” Ungkap Misteri Teka-Teki Echo Ridge

Sampul buku "Two Can Keep A Secret" karya Karen M. McManus. (gambar: bustle.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Masuk ke dalam lingkungan baru ketika tahun terakhir di SMA merupakan hal yang tidak menyenangkan. Lebih dari itu, harus tinggal pula bersama dengan nenek yang tak begitu kita kenal. Itulah yang dialami oleh kembar Ellery dan Ezra. Tak hanya sampai sana nasib malang mereka, keduanya juga dihadapkan dengan hal-hal misterius saat kembali ke kota kecil ibu mereka dalam buku Two Can Keep A Secret.

Ellery dan Ezra pindah ke kota kecil bernama Echo Ridge di Vermont, Amerika Serikat. Tidak hanya menjadi kota di mana ibunya tumbuh, Echo Ridge juga menjadi kota di mana saudara ibunya hilang.

Ketika pertama tiba di kota tersebut, waktu kedatangan mereka bertepatan dengan hilangnya seorang siswi SMA Echo Ridge yang dinobatkan sebagai ratu homecoming lima tahun silam. Kedua saudara kembar ini sempat bertemu juga dengan Malcom, salah satu orang yang terkait dengan peristiwa hilangnya siswi tersebut.

Tak hanya itu, kejadian serupa terjadi beberapa hari setelah mereka tiba. 

Two Can Keep A Secret merupakan karya kedua dari Karen M. McManus, yang sebelumnya meluncurkan buku bergenre misteri pada tahun 2017 dengan judul One of Us is Lying. Buku kedua Karen kembali mengajak para pembacanya untuk menebak dan menerka apa yang sebenarnya terjadi.

(Baca juga: “One of Us is Lying” Suguhkan Kisah Misteri Anak SMA)

Konflik misteri yang hadir sudah disuguhkan sejak memulai buku ini. Tokoh Ellery digambarkan menyukai hal berbau misteri, dan ia suka menguak rahasia. Menurut Ellery, semua kejadian buruk di kota kecil itu saling berhubungan, tapi sulit dipecahkan lantaran semua orang menyimpan rahasia. Nenek dan ibunya pun menyimpan rahasia.

Dengan alur maju, pembaca akan mengungkap tuntas misteri Echo Ridge dari dua sudut pandang, pertama oleh Ellery, dan kedua oleh Malcom. Selain itu, terdapat tanggal per bab buku tersebut sehingga pembaca dapat mengikuti urutan waktu peristiwa. Gaya penanggalan ini seolah menjadi ciri khas dalam buku-buku Karen karena hadir juga di buku sebelumnya.

“Dengan Two Can Keep A Secret, saya ingin menulis cerita yang berlapis-lapis, di mana ada satu misteri besar – apa yang sebenarnya terjadi dengan para gadis Echo Ridge? – tetapi ada juga misteri lebih kecil dan pribadi untuk diurai oleh Ellery, sebelum mereka paham gambaran besar masa lalu yang kelam di kota kecil tersebut,” tutur Karen M. McManus, dikutip dari bustle.com.

Karen juga menambahkan, melalui buku keduanya pembaca akan mengeksplorasi dampak kuatnya rahasia, yaitu efek riak, cara membentuk keluarga dalam beberapa generasi, dan pertanyaan apakah hal tersebut harus tetap tersembunyi.

Buku Two Can Keep A Secret, memperoleh nilai 4/5 dari situs goodreads.com, dan memperoleh nilai 4.7/5 dari toko buku daring Amerika, Barnes & Noble.  

“Karen McManus memberikan buku yang berkualitas. Ia dengan terampil dapat menyeimbangkan alur tiap halaman dengan karakter menarik yang dibahas secara tidak mendalam. Ini adalah bacaan yang sangat menghibur. Banyak twist yang akan membuat pembaca menebak-nebak sampai akhir,” mengutip salah satu pengulas buku, Kim Gruschow dari situs readings.com.au.

Two Can Keep A Secret sudah rilis sejak 8 Januari 2019, dan sudah terjual secara internasional.

 

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Ivan Jonathan

Gambar: bustle.com 

Sumber: goodreads.com, bustle.com, readings.com.au, karenmcmanus.com