Ilusi Suara ‘Yanny’ vs ‘Laurel’, Ini Penjelasan Logisnya

(Sumber foto: Kumparan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Apakah Ultimates masih ingat dengan baju yang memicu perdebatan di internet karena warnanya?  Kini, warganet kembali berdebat karena sebuah rekaman suara yang pertama kali beredar di Reddit.

Dalam rekaman suara aneh yang mirip suara robot tersebut, ada dua nama yang seolah diucapkan, yakni Yanny dan Laurel. Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa mereka mendengar ‘Yanny’, tapi ada sebagian lainnya yang mendengar ‘Laurel’.

Apa alasan yang menyebabkan perbedaan dari pesan yang ditangkap oleh banyak orang tersebut? Menurut Brad Story, hal ini berhubungan dengan proses perekaman yang dilakukan.

“Ini bukan (rekaman) berkualitas sangat tinggi. Dan itu memungkinkan ada beberapa ambiguitas,” ungkap profesor ahli berbicara, bahasa, dan pendengaran itu, dikutip dari CNN, Rabu (16/05/2018).

Selain itu, Story menyebut bahwa cara orang mendengar (alat yang digunakan) juga mempengaruhi perbedaan pendapat ini.

Sedangkan menurut Howard Nusbaum yang mempelajari ilmu cara berbicara, setiap orang menerima suara dengan cara yang berbeda, sehingga apa yang mereka dengar pun akan berbeda pula.

“Kalau saya memotong telingamu dan mengganti dengan telinga orang lain, maka suara bisa terdengar lain,” kata Nusbaum dilansir Kumparan dari Gizmodo. “Sinyal informasi muncul dalam kedua kata tersebut saat terdengar, tapi orang-orang bisa mendengar frekuensi yang berbeda-beda.”

Insinyur suara dan audio Matt Mikkelsen menyetujui pendapat Nusbaum. Menurut Mikkelsen, cara mendengarkan rekaman tersebut dapat menentukan perbedaan suara yang kita dengarkan. Misalkan, faktor headphone atau speaker yang digunakan.

Selain itu, pikiran kita juga dapat menentukan apa yang kita dengar. Misalnya, bila kita berpikir akan mendengar Yanny, maka nama Yanny-lah yang akan kita dengar. Begitu pun ketika kita berpikir akan mendengar Laurel.

Bagaimana dengan kalian, Ultimates? apa yang kalian dengar dari rekaman suara berikut?

 

Penulis: Galuh Putri Riyanto

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Kompas.com, Kumparan.com, CNN.com, Gizmodo.com

Foto: Kumparan.com

Audio: Twitter @CloeCouture