Instagram Lite Rilis di Indonesia, Ukuran Lebih Kecil dan Hemat

Instagram Lite Rilis di Indonesia, Ukuran Lebih Kecil dan Hemat
Instagram Litre resmi dirilis di Indonesia. (Foto: kompas.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Pasca perilisan kembali Maret lalu, Instagram resmi merilis aplikasi Instagram Lite di Indonesia. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 2 MB dan mengonsumsi kuota internet lebih hemat. 

Instagram Lite dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih maksimal bagi para pengguna. Hal itu terlepas dari jenis perangkat yang digunakan maupun kualitas jaringan internet yang ada saat itu, melansir dari liputan6.com.

Instagram versi ringan ini hadir khusus di Android dan sudah bisa diunduh di aplikasi Google Play Store.

“Dengan kehadiran Instagram Lite dan kampanye Month of Good, kami ingin Instagram menjadi tempat bagi pengguna menjadi pribadi lebih kreatif dan ekspresif untuk terus berbagi kebaikan dengan orang tercinta yang terhubung secara virtual,” ungkap Pieter Lydian selaku Country Director untuk Facebook di Indonesia, dilansir dari detik.com.

Dibanding Instagram reguler, aplikasi ini lebih fokus pada fitur-fitur penting. Atas dasar itu, Instagram Lite lebih ditujukan pada ponsel pintar yang memiliki kapasitas memori, kuota data, dan performa terbatas. 

Baca juga: NASA Pilih SpaceX Elon Musk Untuk Bangun Pesawat ke Bulan

Beberapa fitur yang biasanya ada di Instagram reguler pun absen di Instagram Lite. Sebut saja fitur Shop, IGTV, dan Instagram Live. Meskipun demikian, pengguna tetap dapat melihat IGTV dari pengguna lain yang lintas di linimasa.

Tidak hanya itu saja, AR effect dan live filter juga absen di aplikasi versi Lite ini. Dengan demikian, postingan Stories tidak bisa ditambahi dengan fitur seperti GIF, polling, kuis, tanya jawab, hitung mundur, dan beberapa fitur lainnya yang populer. Postingan Stories hanya mampu menggunakan aneka filter, stiker, tag lokasi, dan mention.

Selain merilis Instagram Lite, untuk memeriahkan bulan Ramadhan Instagram Indonesia juga mengusung kampanye #MonthofGood. Kampanye ini dilakukan dengan hadirnya stiker-stiker edisi Ramadhan yang sudah Ultimates bisa coba pakai. Tertarik mencoba?

 

Penulis: Andia Christy

Editor: Xena Olivia

Foto: kompas.com

Sumber: detik.com, kompas.com, liputan6.com