Lima Aplikasi yang Membantu Jaga Kesehatan Mental

kesehatan mental
Aplikasi yang bisa membantu menjaga kesehatan mental (Foto: popbela.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Isu mengenai kesehatan mental sedang ramai diperbincangkan. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018, lebih dari 19 juta penduduk usia di atas 15 tahun terkena gangguan mental emosional. Oleh karena itu, sejumlah aplikasi khusus berikut sebagai solusi untuk menjaga kesehatan mental mulai dari konseling hingga memberi solusi.

  1. Calm

Calm adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu menangani gangguan kecemasan dan membuat tidur semakin nyenyak. Calm berfokus pada meditasi, bernapas, relaksasi, dan tidur yang lebih nyenyak. Nantinya dalam aplikasi ini akan ada panduan meditasi dengan musik-musik penenang jiwa dan cerita-cerita pengantar tidur. Harapannya, latihan ini akan membuatmu bahagia, tenang, dan lebih relaks. Calm merupakan aplikasi populer yang pernah mendapat predikat  App of the Year dari Apple.

  1. SuperBetter

Aplikasi ini hadir dalam bentuk tips khusus serta membantu untuk meningkatkan fokus otak, optimisme, dan motivasi hidup. SuperBetter sangat tepat untuk digunakan oleh orang-orang yang didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan dan trauma.

  1. What’s Up?

Aplikasi yang disediakan gratis ini bertujuan mengelola kesehatan mental penggunanya dengan menggabungkan aspek dari terapi Cognitive Behavioral Therapy (CBT) . Selain itu, terdapat terapi komitmen untuk menciptakan strategi mengatasi masalah yang dipersonalisasi terkait depresi, kecemasan, amarah, dan stres.

Menariknya, pengguna bisa melacak kebiasaan baik dan buruk yang dilakukan setiap kali mengatasi masalah, serta tiga teknik pernapasan mudah agar tetap bisa tenang dan santai saat kewalahan.  Selain itu, terdapat fitur buku harian yang bisa merekam setiap pemikiran atau perasaan yang kita miliki.

  1. Riliv

Riliv adalah aplikasi buatan anak bangsa yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini menghadirkan fitur curhat yang  bisa juga digunakan untuk berkonsultasi  langsung oleh enam psikolog profesional dan 50 mahasiswa psikolog yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Surabaya.

Relawan mahasiswa psikolog yang terdaftar di aplikasi ini lebih berfungsi sebagai teman pendengar curhat, bukannya pemberi solusi masalah. Namun, untuk mendapatkan jawaban dan saran medis pengguna dapat berlangganan fasilitas premium berbayar dan bisa berkonsultasi langsung dengan psikolog atau terapis profesional berlisensi yang terkait di bidangnya.  

  1. MoodPath

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa membuat mood menjadi lebih baik dan membantu menaikkan mood  agar tidak depresi. Moodpath mampu memberikan hasil dalam waktu dua minggu mengenai kesehatan mental. Hasil ini yang akan menjadi rujukan, apakah pengguna membutuhkan bantuan profesional atau tidak. Tak hanya itu, MoodPath juga menyediakan berbagai macam video psikologi agar membantu untuk memahami perasaan. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa diunduh bagi pengguna iOS saja.

Apakah Ultimates tertarik untuk mencoba?

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Agatha Lintang 

Foto: popbela.com 

Sumber: hitekno.com, hellosehat.com, idntimes.com, iNews.id, gadis.co.id