Spotify Lite Kini Hadir di Indonesia

Sumber: mediainformasi.com
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2018 lalu, kini Spotify Lite sudah dapat diakses di Indonesia. Walaupun masih berstatus Beta alias dalam masa uji coba, aplikasi tersebut sudah berfungsi.

“Kami secara rutin menggelar pengujian sebagai upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna,” sebut Director of Communication Spotify APAC Jim Butcher saat dimintai tanggapan mengenai Spotify Lite, dikutip dari Kompas Tekno, Senin (15/04/19). “Beberapa hasil uji coba itu diterapkan untuk pengguna secara meluas.”

Sebelum Spotify Lite, versi reguler layanan streaming musik asal Swedia tersebut telah digunakan sejak 2006. Versi ini dirancang untuk menjangkau pengguna dengan akses internet terbatas dan ponsel pintar berspesifikasi rendah.

Hal tersebut terlihat dari bobot aplikasi saat diunduh. Spotify Lite hanya menggunakan memori sebanyak 15-20 Megabites (MB) saja, sementara Spotify reguler dapat berkisar di angka 100 MB dalam penggunaan memori.

Pengaturan batas penggunaan maksimal kuota dalam Spotify Lite. (Sumber: Media Informasi)

Spotify Lite dapat mengatur batas maksimum penggunaan data internet pengguna. Terdapat beberapa pilihan pembatasan paket, yaitu 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB dan 3 GB per bulannya.

Pengaturan ini memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa dalam mendengarkan musik secara daring. Sebab, paket data yang digunakan tiap bulannya akan diatur agar tidak boros dalam menggunakan paket internet.

Pengaturan ini dapat memudahkan pengguna untuk lebih leluasa dalam mendengarkan musik secara daring di Spotify Lite agar tidak menggunakan kuota data terlalu besar.

Dikutip dari laman resmi Spotify, Spotify Lite tidak dilengkapi dengan fitur Spotify Connect. Artinya, pengguna versi Lite ini tidak dapat mendengarkan musik melalui perangkat wireless lain, seperti smart speaker berbasis WiFi, smart TV, atau chromecast. Fitur berfungsi agar pengguna dapat menyambungkan akses playback dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Selain itu, Spotify Lite juga tidak dapat mengatur kualitas musik. Hal itu bersifat wajar lantaran semakin bagus kualitas musik yang dihasilkan, maka semakin besar data internet yang diperlukan.

Perbedaan lain yang signifikan adalah pengguna Spotify Lite tidak dapat mengunduh atau mengakses musik secara luring, baik mengunduh secara gratis maupun pelanggan Premium. Pun demikian, baik Spotify reguler maupun Lite memiliki tarif sama, mulai dari Rp4.990 per hari.

Berdasarkan data Google Play Store, Spotify Lite telah diunduh sebanyak 18.000 kali hingga artikel ini ditulis.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Ivan Jonathan

Foto: mediainformasi.com

Sumber: mediainformasi.com, tekno.kompas.com, tirto.id, support.spotify.com