Studi: Indonesia Paling Gemar Buka Aplikasi Belanja

llustrasi aplikasi belanja (ultimagz)
Ilustrasi belanja online (ULTIMAGZ/Veronica Novaria)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Indonesia didapuk sebagai negara yang paling sering buka aplikasi belanja di Asia Tenggara menurut iPrice dengan 28,5 miliar sesi pada kuartal II 2020. Jumlah tersebut naik 34 persen dari kuartal sebelumnya yaitu sebesar 21,3 miliar. 

Posisi kedua diisi oleh Thailand dengan 12,9 miliar kunjungan, sedangkan di tempat ketiga ada Vietnam yaitu 12,7 miliar sesi. Peningkatan penggunaan terpesat terjadi di Filipina dengan kenaikan 53 persen. Meskipun begitu, mereka hanya mampu menyentuh angka 4,9 miliar saja dan berada di posisi empat. Penelitian ini diumumkan melalui laporan berjudul Southeast Asian Map of E-Commerce yang merangkum data pengguna Android. 

Total sesi penggunaan aplikasi belanja di negara Asia Tenggara Kuartal II 2020 untuk pengguna Android. (Foto: iPrice)

Selain jumlah kunjungan, Indonesia juga masuk ke negara yang paling banyak mengunduh aplikasi belanja dengan total 40,7  miliar. Namun, jumlah itu menurun dua persen dari kuartal sebelumnya. Hal ini disebabkan banyaknya smartphone yang telah tertanam aplikasi tersebut.

Aplikasi belanja daring lokal sendiri masih menjadi primadona di Indonesia. Dari lima besar perusahaan e-commerce yang disorot dalam riset, tiga di antaranya adalah milik anak bangsa, yakni Bukalapak, Blibli, dan Tokopedia. Sementara dua lainnya yaitu Lazada dan Shopee.

Lebih lanjut, jumlah pengunjung aplikasi belanja daring di Indonesia jika digabungkan dengan pengguna iPhone menyentuh angka 40,7 miliar kunjungan. Tepatnya naik 34% secara keseluruhan dari kuartal sebelumnya. Hebatnya, jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dari yang dimiliki oleh Thailand. Data ini menunjukkan bahwa masyarakat kita sangat konsumtif bahkan di tengah terjangan pandemi seperti sekarang.

Kombinasi total sesi penggunaan aplikasi belanja di negara Asia Tenggara Kuartal II 2020 untuk Android dan iPhone. (Foto: iPrice)

Penulis: Jairel Danet Polii

Editor: Abel Pramudya

Sumber: kompas.com, kumparan.com, tempo.co

Foto: infokomputer & iprice