Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg yang Membakar Lidah

Bu Tinah, pemilik warung kaki lima Gudeg Mercon di daerah Kranggan, Jetis, Yogyakarta, sedang menyajikan nasi gudeg kepada pelanggannya. (Theresia Amadea/ULTIMAGZ)
Share:

YOGYAKARTA, ULTIMAGZ.com – Yogyakarta terkenal dengan salah satu makanan khasnya yang terbuat dari nangka muda, yaitu gudeg. Dari sekian banyak warung gudeg di kota pelajar, Gudeg Mercon Bu Tinah merupakan salah satu yang terbilang tidak biasa.

Terletak di Jalan Asem Gede No.8, Yogyakarta, Gudeg Mercon Bu Tinah biasa mulai melayani pesanan pukul sembilan malam. Warung ini tidak pernah sepi pengunjung, khususnya pada saat malam Minggu.

Mulai dari Rp 15.000, pengunjung sudah bisa menikmati gudeg yang membakar lidah, lengkap dengan nasi dan lauk seperti ayam, telur, krecek, gudeg, dan tentunya oseng mercon yang menjadi favorit. Selain itu, tersedia pula gorengan tempe, bakwan dan martabak yang satunya dihargai Rp 1.000 serta ceker ayam seharga Rp 2.000 per ceker.

Saat pertama kali mencoba, bersiaplah untuk merasa kaget dengan kepedasannya. Sensasi panas di lidah, ditambah dengan gurihnya kuah santan areh pada nasi panas menjamin pengunjung ketagihan dengan gudeg ini. Rasa manis yang biasanya menjadi ciri khas gudeg tidak begitu terasa, sehingga orang-orang yang kurang suka makan manis tetap bisa merasakan sedapnya gudeg.

Beralaskan matras di atas trotoar, pengunjung dapat memakan nasi gudeg langsung di tempat atau memesan via aplikasi ojek online. Selain masyarakat lokal,  gudeg racikan Bu Tinah ini juga banyak menarik pecinta kuliner dari luar kota pelajar.

Gudeg Mercon bisa menjadi solusi saat perut keroncongan pada malam hari, karena warung Bu Tinah ini buka hingga pukul satu malam. Tapi Ultimates harus cepat, karena pengunjung yang datang cukup banyak dan ada yang memborong hingga beberapa bungkus gudeg sekaligus.  

 

Nama : Theresia Amadea

Editor : Gilang Fajar Septian

Fotografer : Theresia Amadea