4 Makanan yang Baik untuk Tubuh Setelah Vaksin COVID-19

4 Makanan yang Baik untuk Tubuh Setelah Vaksin Covid-19 (ULTIMAGZ)
Makanan sehat yang baik untuk tubuh (Foto: motherandbaby.co.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Saat ini, vaksinasi menjadi obat yang terus didistribusikan kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia. Hal ini tentu dilakukan untuk membangun sistem kekebalan tubuh atau herd immunity.

Vaksinasi yang diberikan seringkali memberikan efek samping ringan hingga berat seperti lengan yang pegal, demam, penurunan nafsu makan, nyeri badan, atau bekas suntikan yang sakit. Walaupun demikian, seseorang juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi setelah menerima vaksin.

“Meski efeknya tidak langsung mengarah ke vaksin, kita memang mengusahakan agar tubuh tetap sehat,” jelas dr. Sara Elise Wijono, MRes dilansir dari klik.dokter.com

Ia pun menambahkan kondisi tubuh sehat dan imunitas yang baik akan membuat kinerja vaksin semakin efektif. Gizi yang seimbang berasal dari pola makan sehari-hari yang teratur seperti karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral. 

Maka dari itu, berikut ada beberapa makanan yang baik untuk tubuh setelah Ultimates menerima vaksin COVID-19.

  1. Vitamin C
    Makanan pertama yang baik untuk tubuh adalah vitamin C. Dikutip dari detik.com, dokter menganjurkan orang yang baru saja divaksin dapat mengonsumsi vitamin C. Ultimates dapat mengonsumsinya melalui buah-buahan, sayur-sayuran, dan vitamin dalam kemasan. Buah merupakan vitamin C yang membantu produktivitas sel darah putih. Sedangkan, sayuran hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi diri dari radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.
  2. Air putih
    Air putih penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Disarankan untuk mereka yang sudah menerima vaksin dapat mengonsumsi air hangat 2,5 liter sehari. Air dapat melawan penyakit dalam tubuh. Seseorang akan kehilangan banyak cairan ketika sakit atau imun tubuhnya berkurang. Selain itu, air juga dapat menambah oksigen ke darah. Maka dari itu, minum air sebanyaknya perlu dilakukan. 
  3. Sup hangat
    Makanan lainnya adalah sup hangat. Sup yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe dan kunyit ampuh untuk mencegah tubuh dari efek vaksinasi. Mengutip detik.com, orang yang sudah divaksinasi dengan gejala penurunan nafsu makan sebaiknya banyak mengonsumsi sup atau kaldu. Sup lain yang direkomendasikan adalah sup ayam karena makanan ini terdiri dari protein tinggi yang dapat memperkuat antibodi. Ultimates dapat menambahkan sayuran wortel, brokoli, atau seledri untuk memenuhi kalium dan zat besi untuk tubuh.
  4. Makanan bersifat anti inflamasi
    Merasa mual setelah vaksinasi adalah hal yang wajar karena tubuh sedang memproses untuk menyiapkan kekebalan tubuh yang baik.“Salah satu tanda tubuh tengah berfungsi adalah dengan mengalami inflamasi akut dengan gejala-gejala yang sangat tidak nyaman, baik nyeri maupun demam,” kata dr. Leong Moh Ying selaku direktur medis dari klinik B&Co. Sifat anti inflamasi dapat membantu tubuh kembali netral. Jenis-jenis ikan seperti salmon, sarden, dan teri termasuk dalam kategori makanan anti inflamasi. Begitu pula dengan kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minyak ikan dapat membantu tubuh terhindar dari efek samping vaksin COVID-19.

Jika efek yang didapatkan tergolong berat, Ultimates dapat mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, menghindari makanan pedas, dan menghindari makanan gas. Porsi yang kecil-kecil dan kandungan gizi juga harus diperhatikan.

Dokter menganjurkan penerima vaksin COVID-19 menghindari alkohol karena dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan menambah dehidrasi. Begitu pula dengan junk food. Lebih baik, makanan cepat saji diganti dengan makanan olahan seperti di atas. 

 

 

Penulis: Maria Katarina

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: motherandbaby.co.id

Sumber: kompas.com, detik.com, alodokter.com, klikdokter.com, sahabatsicepat.com