5 Trik Menggunakan Masker Wajah dengan Benar

Pengaplikasian masker pada wajah. (Ilustrasi: beautynesia.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com –  Salah satu urutan dalam perawatan wajah rutin yang paling sering diterapkan ialah penggunaan masker pada wajah. Masker wajah memiliki banyak jenis dan karakteristik, seperti sheet mask, rinse off / wash off mask, dan peel off mask.

Sering kali, masker wajah yang terkesan simpel dan mudah diaplikasikan membuat kita sekadar memakainya. Padahal, ada cara untuk mengaplikasikan masker wajah dengan benar yang bisa menghindarkan kita dari kerusakan-kerusakan pada kulit. Yuk, simak lima trik menggunakan masker wajah dengan benar berikut ini!

  1. Cuci Bersih Wajah

Wajah yang telah dicuci bersih bukan hanya syarat sebelum menggunakan masker, kita harus mencuci bersih wajah bahkan sebelum melakukan rangkaian perawatan wajah rutin. Kita perlu menyesuaikan jenis sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita. Tersedia pula beberapa pilihan tipe pembersih wajah, seperti facial wash, clay cleanser, dan facial scrub.

Facial scrub atau exfoliating cleanser berfungsi untuk membersihkan pori-pori sekaligus mengangkat kulit mati. Walaupun sangat efektif untuk membersihkan sisa make up, tidak dianjurkan untuk menggunakan facial scrub setiap hari.

  1.  Pakai Air Hangat

Penguapan bertujuan untuk membuka pori-pori wajah sehingga nutrisi dan kandungan masker bisa lebih efektif diserap. Maka dari itu, masker paling baik digunakan setelah mandi dengan air hangat. Opsi lainnya adalah dengan menguap wajah di atas semangkuk air panas selama kurang lebih tiga sampai lima menit.

  1. Jangan Terlalu Lama

Masker wajah tidak akan bekerja semakin baik jika diaplikasikan semakin lama. Beberapa masker wajah mengandung retinol atau anti jerawat yang bisa membuat kulit menjadi kering, mengelupas, atau bahkan membengkak jika terlalu lama digunakan. Di kemasan, biasanya tertulis lama waktu penggunaan yang dianjurkan.

  1. Pakai toner

Fungsi toner yang diaplikasikan setelah menggunakan masker adalah untuk mengunci semua manfaat dari masker. Selain itu, toner juga penting baik sebagai pelembab maupun untuk membantu jenis pelembab lain yang kita gunakan sehingga meresap lebih banyak. Kulit wajah juga akan menjadi lebih halus, bersih, dan segar.

  1. Komitmen!

Untuk mendapat hasil yang diinginkan dan maksimal, tentunya penggunaan masker wajah maupun produk perawatan wajah lainnya harus diikuti dengan niat dan komitmen yang jelas. Kita harus tahu tujuan, manfaat, dan apa yang akan kita benahi dari wajah kita sehingga malas tidak lagi menjadi alasan untuk tidak disiplin dalam menggunakan masker.

Itulah lima trik yang bisa diikuti ketika menggunakan masker pada wajah versi Ultimagz. Jangan lupa, selain tidak boleh pakai terlalu lama, masker juga tidak boleh dipakai terlalu sering. Cukup gunakan masker wajah dua sampai tiga kali dalam seminggu. Perhatikan pula aturan dalam menggunakan masker sehingga kita mendapat hasil yang optimal.

 

Penulis: Maria Helen Oktavia

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Ilustrasi: beautynesia.id

Sumber: liputan6.com, doktersehat.com, thebodyshop.co.id, idntimes.com, style.tribunnews.com, womentalk.com, merdeka.com