Berencana Tidur Larut Malam? Kenali Dulu Bahaya Kurang Tidur

Ilustrasi pekerja yang kurang tidur. (foto: sleephub.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Para anak muda yang memegang teguh pedoman “tidur hanya untuk orang lemah” sepertinya perlu berpikir dua kali sebelum tidur larut lagi malam ini. Konsekuensi dari hal tersebut tampaknya jauh melebihi kebaikannya.

Riset dari American Academy of Sleep Medicine menyatakan bahwa kurang tidur yang berlangsung secara akumulatif dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Berikut adalah akibat yang dapat kita tanggung jika tidak tidur cukup dalam jangka waktu panjang.

  • Merusak jantung

Tidur adalah waktu yang penting bagi tubuh untuk memulihkan diri. Selama tidur, detak jantung kita melambat, tekanan darah turun, dan pernapasan menjadi stabil. Perubahan ini mengurangi stres pada jantung dan memungkinkannya pulih dari ketegangan yang terjadi selama kita bangun.

Tanpa tidur malam yang cukup, kamu seakan membuat  jantung bekerja overtime dari waktu yang seharusnya. Oleh sebab itu, kurang tidur yang kronis dapat menyebabkan beragam masalah jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serangan jantung, obesitas, diabetes, dan stroke.

  • Resiko terkena kanker meningkat

Gangguan pada “jam biologis” tubuh yang mengontrol tidur dan ribuan fungsi lainnya dapat meningkatkan kemungkinan kanker payudara, usus besar, ovarium, dan prostat. Paparan cahaya saat bekerja malam selama beberapa tahun juga dapat mengurangi kadar melatonin dan mendorong pertumbuhan kanker.

  • Membunuh gairah seks

Penelitian yang dilakukan dengan mengamati 4.000 orang berusia pertengahan selama satu tahun menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan disfungsi ereksi untuk pria. Tidak hanya itu, wanita juga mengalami masalah gairah dan kesulitan orgasme.

Umur mereka mungkin tidak muda, tetapi tidak peduli berapa usia kalian, tidak cukup tidur dapat memengaruhi kadar testosteron yang menyebabkan disfungsi ereksi dan kekurangan gairah seksual.

  • Kemungkinan terkena diabetes bertambah

Tubuh yang kurang tidur akan membuat tubuh mengalami resistensi insulin. Ini adalah sebuah kondisi ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan gula darah dengan baik karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin. Hal inilah yang dapat mengakibatkan tingginya gula darah.

Mungkin, saat ini kita tidak merasa apa-apa. Itu merupakan hal yang wajar karena tubuh kita yang masih muda memang cenderung toleran terhadap rasa sakit. Namun, bukan berarti kalau kita merasa sehat maka tidak terjadi sesuatu dalam tubuh. Mungkin kita tidak merasakannya sekarang, tetapi nanti setelah menginjak umur yang lebih tua.

Memiliki waktu tidur yang cukup bukan tanpa alasan, tetapi hal itu bisa menyelamatkan hidup kalian.

Penulis: Jairel Danet Polii

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Sumber: sleepfoundation.org, thesleepdoctor.com, healthline.com