‘Crazy Rich Asians’ Libatkan Desainer Set asal Indonesia

Salah satu kru desain 'Crazy Rich Asians' yang berasal dari Indonesia, Teddy Setiawan. Ia bekerja sebagai seorang draughtsperson yang bertanggung jawab untuk membuat desain aktual dari ide dan konsep yang direncanakan. (Sumber foto: thejakartapost.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Antusiasme penonton terhadap Crazy Rich Asians masih belum padam meski film yang digarap oleh John M. Chu tersebut telah dirilis sejak 15 Agustus lalu, khususnya di Amerika Serikat. Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama oleh Kevin Kwan, film ini mampu menuai pujian dari masyarakat, baik dari pemilihan aktor dan aktris, alur, dan desain. Siapa sangka, dibalik kesuksesan itu, terdapat seorang kru asal Indonesia yang ikut terlibat, dan ia adalah Teddy Setiawan.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini bekerja sebagai seorang draughtsperson, yaitu seseorang yang bertanggung jawab untuk mengubah ide dan desain konsep dari desainer produksi menjadi desain yang lebih aktual dan rinci. Desain tersebut kemudian akan dibangun sebagai set yang digun art akan dalam film.

Teddy mulai membaca Crazy Rich Asians untuk pertama kalinya pada 2016 silam ketika ia sedang berada di Maroko untuk mengerjakan sebuah proyek. Tak lama kemudian, ia berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai salah satu kru di bagian seni untuk film itu. Ia pun bekerja di bawah desainer produksi asal Amerika, Nelson Coates.

Menurut Teddy, menjadi salah satu kru dalam film ini bukanlah suatu hal yang mudah. Berbagai macam tempat harus diubah dan disesuaikan berdasarkan set yang digambarkan dalam buku, mulai dari rumah tamu pemerintahan Malaysia, museum, Gereja St. Joseph, dan Gardens by the Bay yang berlokasi di Singapura.

Kendati demikian, mendapatkan tugas untuk mengubah sebuah buku menjadi film merupakan suatu pengalaman yang tak terlupakan baginya.

“Saya harap kami mampu memvisualisasikan beberapa adegan (dari buku) ke layar lebar,” ujar Teddy, seperti yang dikutip di thejakartapost.com

Crazy Rich Asians sendiri mengisahkan tentang seorang gadis Asia-Amerika bernama Rachel Chu dengan pacarnya yang bernama Nick Young, yang ternyata adalah bagian dari keluarga terkaya di Singapura. Sementara itu, film ini akan mulai ditayangkan di Indonesia pada 11 September mendatang.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: thejakartapost.com

Sumber: cnnindonesia.com, imdb.com, thejakartapost.com