Empat Cara Jaga Produktivitas Saat Bekerja dari Rumah

Ilustrasi seseorang yang sedang bekerja dari rumah.
Ilustrasi seseorang yang sedang bekerja dari rumah. (Foto: pexels.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menetapkan virus corona sebagai pandemi, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) merencanakan serta melaksanakan beberapa tindakan preventif atau pencegahan. Salah satu caranya adalah mengambil kebijakan untuk melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) lewat E-learning.

Baca juga: Upaya UMN Bentengi Diri dari Pandemi Corona

Meski melaksanakan UTS dari rumah, mahasiswa harus mengerjakan take home test sehingga ujian dapat selesai tepat pada waktunya. Untuk membantu menjalankan hal tersebut, berikut ini adalah empat cara untuk tetap menjaga produktivitas saat bekerja dari rumah.

1. Buat daftar pekerjaan sesuai urutan prioritas

Awali hari Ultimates dengan membuat daftar pekerjaan selama satu hari. Berdasarkan laporan dari Time, memiliki rencana kerja yang baik merupakan hal penting ketika sedang bekerja dari rumah. Pasalnya, orang yang bekerja dari rumah perlu mempunyai rencana kerja yang lebih terstruktur daripada ketika ia bekerja di kantor. Apabila jadwal telah tersusun dengan baik, Ultimates dapat terbantu untuk bekerja dalam ‘jalur’ yang benar. 

Dilansir dari idntimes.com, pembuatan daftar pekerjaan sesuai urutan prioritas juga berguna untuk membuat Ultimates lebih tertata dalam melakukan pekerjaan. Hal ini berpengaruh pada berkurangnya rasa tertekan terhadap tenggat waktu atau deadline.

Sebagai kunci dari kesuksesan pembuatan daftar ini, Ultimates juga harus displin dalam menerapkannya. Untuk memacunya, buatlah sistem penghargaan atau hadiah dan hukuman. Jika pekerjaan dilakukan dengan baik, Ultimates dapat menghadiahkan diri sendiri dengan membeli makanan enak atau menambah jadwal bermain lebih banyak. Sebaliknya, hukuman yang ditetapkan dapat berupa kerja lembur supaya pekerjaan tertunda dapat diselesaikan. 

2. Kenali hambatan-hambatan saat bekerja dari rumah

Hambatan-hambatan di rumah bagi setiap orang pasti beragam. Akan tetapi, demi menjaga produktivitas, kenali hambatan-hambatan saat bekerja dari rumah agar rencana kerja tetap terlaksanakan. Jika kamu tinggal di rumah, batasilah waktu bekerja dan berinteraksi bersama keluarga. Berikan pengertian kepada keluarga dan beritahu mereka kapan Ultimates sedang melakukan pekerjaan. Hal ini akan membantu Ultimates tetap fokus bekerja tanpa gangguan dari orang di sekitar. 

Selain interaksi dengan orang lain, hambatan yang mungkin dapat ditemui ialah suara-suara dari orang yang menyalakan musik atau televisi yang mungkin dapat menjadi suatu gangguna. Namun, bagi sebagian orang tidak masalah. Maka dari itu, coba kenali dan atasi hambatan ini dengan meminta pengertian dari orang terkait.

Ultimates juga harus sadar untuk tidak terhambat dengan kehadiran media sosial. Gunakanlah media sosial seperlunya dan pada waktu tertentu yang sudah dijadwalkan. Ketika terlalu lama menggunakannya, Ultimates bisa segera mengalihkan niat dengan cara kembali ke daftar bekerja yang sudah disusun. 

3. Jadwalkan waktu istirahat

Dalam menyusun jadwal kerja, jangan lupa untuk menjadwalkan waktu istirahat juga. Dengan istirahat yang cukup, Ultimates mendapatkan kesegaran dan meningkatkan suasana hati. Berdasarkan laporan Cosmopolitan UK dalam kompas.com, setiap orang disarankan untuk rehat sejenak dengan pola tertentu. Waktu istirahat tidak boleh lebih dari tujuh menit dalam setiap waktu rehat. Sewaktu istirahat, Ultimates bisa memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk mengisi energi dengan makan atau berolahraga ringan (stretching).

4. Tetap jalin komunikasi

Jika memiliki tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok, usahakan untuk tidak menemuinya untuk menerapkan social distancing. Dengan mengambil jarak, lebih banyak berdiam di rumah, menghindari kerumunan, dan menyisakan jarak dua meter bila bertatap muka atau berada di suatu lokasi, Ultimates turut mencegah dan menahan atau memperlambat penularan lebih banyak virus Covid-19. 

“Namun, tidak ada maknanya jika menggunakan masa libur untuk berlibur ke luar, sama dengan memindahkan kontak dengan orang lain. Social distancing harus dipatuhi dan dilaksanakan dengan menahan diri di rumah, tidak melakukan kontak dengan orang lain,” kata Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni pada Senin (16/03/20).

Ultimates dianjurkan untuk menghubungi dan mendiskusikan pekerjaan kelompok dengan menggunakan ponsel, chat, telepon, maupun video call. Jangan lupa untuk mengatur waktu agar anggota kelompok aktif pada waktu yang bersamaan. Hal ini menjadi penting agar tidak menimbulkan kesalahpahaman saat Ultimates mengerjakan tugas. 

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: pexels.com

Sumber: kompas.com, idntimes.com, republika.co.id, aladokter.com