Simak Kekuatan Pertemanan Scooby dan Shaggy dalam “SCOOB!”

Scooby dan Shaggy
Poster film "SCOOB!". (Foto: forbes.com)
Share:

People can grow, but it doesn’t mean that we’re growing apart. – Shaggy Rogers (SCOOB!)

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – “SCOOB!” merupakan film animasi komedi keluarga yang menceritakan tokoh anjing bernama Scooby Dobby Doo (Frank Welker) dengan teman-temannya dalam Mystery Inc. Berbeda dengan film Scooby Doo yang biasa, film ini lebih menunjukkan kekuatan sisi pertemanan Scooby dan Shaggy (Will Forte) daripada menonjolkan bagaimana Mystery Inc. menyelesaikan kasus-kasusnya.

Cerita dimulai dengan pertemuan Scooby dan Shaggy semasa kecil. Kemudian mereka bertemu dengan anggota Mystery Inc. yang lain,  Velma (Gina Rodriguez), Fred (Zac Efron), dan Daphne (Amanda Seyfried) saat perayaan Halloween. Sejak awal mereka bertemu, mereka sudah memecahkan kasus misteri dan akhirnya berkomitmen untuk melakukan misi pemecahan kasus misteri bersama.

Namun ketika Mystery Inc berusaha untuk mengembangkan bisnis mereka, sang investor yaitu Simon Cowell, tidak menginginkan kehadiran Shaggy dan Scooby dalam tim. Merasa sakit hati, Shaggy dan Scooby keluar dari Mystery Inc.

Perginya Shaggy dan Scooby dari tim membuka film ini masuk ke dalam babak baru, pemecahan misteri baru. Saat diserang oleh robot-robot, tanpa sengaja Shaggy dan Scooby bertemu dengan Blue Falcon, seorang pahlawan super favorit Shaggy semasa kecil. Dari sana pertemanan Shaggy dan Scooby diuji. Selain itu, misteri identitas Scooby yang sesungguhnya pun terkuak.

Meskipun ada beberapa bagian yang terkesan melompat, tetap film “SCOOB!” memiliki jalan cerita yang menarik untuk diikuti. Film garapan Tony Cervone ini tergolong berhasil mengangkat sisi pertemanan antara Shaggy dan Scooby dengan kuat. Alhasil, kekuatan pertemanan antara dua sahabat itu berhasil memberikan pesan dan rasa haru bagi penonton. 

Dengan diselingi humor ‘receh’, film ini dapat memberikan porsi yang pas untuk membuat penonton tertawa. Jalan ceritanya juga tidak tertebak. Sayangnya, film “SCOOB!” kurang mengeksplor kekuatan tokoh Mystery Inc. yang lainnya (Velma, Daphne, dan Fred) sehingga memberikan kesan bahwa mereka hanya tokoh hiburan.

Walaupun animasi yang dibuat tidak sebagus salah satu perusahaan hiburan, Walt Disney, tetapi animasi dalam film “SCOOB!” memiliki auranya sendiri yang dapat menarik minat penonton. Film yang berdurasi kurang lebih 90 menit ini akan sangat cocok bagi Ultimates yang mencari hiburan ringan nan bermakna.

 

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: forbes.com