Aneka Penghargaan di Liga Primer Inggris Musim 2016/2017

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Liga Inggris musim 2016-2017 resmi berakhir dengan penyandang titel jawara tahun ini direbut oleh klub asal London, Chelsea FC. Tak hanya pemberian penghargaan titel juara saja, beberapa penghargaan lain juga diberikan oleh pihak penyelenggara kasta tertinggi liga Inggris ini kepada mereka yang berkontribusi dengan maksimal selama musim 2016-2017 ini.

Berikut adalah penyandang penghargaan golden gloves dan top skor pemain Liga Primer Inggris musim 2016-2017:

Golden Gloves: Thibaut Courtois

Golden gloves atau sarung tangan emas merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada seorang penjaga gawang atau kiper, atas usahanya kala menjadi benteng pertahanan terakhir sebuah klub. Biasanya, penghargaan ini dinilai berdasarkan jumlah clean sheet dalam setiap penampilannya selama satu musim.

Setelah tampil cukup buruk pada musim lalu dan menempatkan The Blues pada posisi 10 klasemen 2015-2016, kiper asal Belgia ini serasa menebus dosanya dengan melakukan clean sheet sebanyak 16 pertandingan, sehingga menjadi salah satu kunci penting Chelsea dalam upaya menjadi jawara pada musim ini. Berkat jasanya tersebut, dirinya berhak menyandang gelar Golden Glove pada musim 2016-2017 ini.

Courtois berhasil menyandang gelar ini setelah mengalahkan jumlah clean sheet para kiper utama dari klub-klub lainnya, seperti Hugo Lloris (Tottenham Hotspur) (15 clean sheet), David de Gea (Manchester United) (14) dan Fraser Forster (Southampton United) (14), serta Petr Cech (Arsenal) (12).

Top Skor: Harry Kane

Penghargaan top skor merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada seorang pemain, di mana dirinya berhasil mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim.

Meski tak mendapatkan titel jawara pada musim ini, “The Lily Whites” bukan berarti mengakhiri musim 2016-2017 ini tanpa gelar. Melalui individu pemainnya, Harry Kane berhasil keluar sebagai pencetak gol terbanyak di liga Inggris pada musim ini. Dengan sumbangan empat golnya kala menjamu Leicester City pekan lalu, Kane memastikan dirinya sebagai mesin pencetak gol liga Inggris musim 2016-2017, dengan jumlah 29 gol.

Tak pelak, persaingan titel pencetak gol terbanyak sejatinya cukup seru. Namun, ketika Tottenham membantai Leicester dengan skor 6-1 pekan lalu, Kane menjauhkan jumlah golnya dengan para rival dari klub-klub lainnya. Sebut saja Lukaku yang mencetak 25 gol, Alexis Sanchez (24), Diego Costa (20), dan Aguero (20).

Penulis: Rafael Ryandika

Sumber: Futbol Addict

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: Futbol Addict, beritajatim.com