Pertahanan Baik Angkat Warriors Kantongi Gim Tiga

Clint Capela (kiri) dari Houston Rockets tengah menjaga Klay Thompson (kanan) dari Golden State Warriors yang hendak melakukan tembakan tiga angka ke arah ring Rockets pada gim ketiga final partai barat Liga Basket Amerika Serikat (NBA) di Oracle Arena, Oakland, Minggu (20/05/18) waktu setempat. (Foto: Noah Graham/NBAE via Getty Images)
Share:

OAKLAND, ULTIMAGZ.com – Pertahanan baik Golden State Warriors (GSW) berbuah kemenangan pada laga ketiga final partai barat Liga Basket Amerika Serikat (NBA) melawan Houston Rockets 126-85, Minggu (20/05/18) waktu setempat. Upaya pertahanan manis Stephen Curry dkk. di kandang memberikan Warriors skor 2-1 pada laga tersebut.

“Malam ini kami bermain lebih baik dalam pertahanan satu lawan satu. Kami juga dapat lebih menahan serangan dan tak perlu bertukar posisi sebanyak gim sebelumnya,” tutur guard Golden State Warriors Stephen Curry usai gim yang berlangsung di Oracle Arena, Amerika Serikat. Pemain dengan sebutan Chef Curry tersebut juga berpendapat bahwa kesuksesan pertahanan mereka mendorong penyerangan mereka terhadap lawan.

Membuktikan strategi pertahanan Warriors di lapangan, tim asuhan Steve Kerr tercatat 11 kali mencuri bola dari tangan lawan (steals). Tak hanya itu, Golden State juga bertahan hingga akhir bel kuarter keempat dengan hanya delapan kali kesalahan (turnover) sepanjang gim.

Dari kubu Rockets, pertahanan tim berlogo Jembatan Golden State tersebut menjegal mereka mengonversi poin. Pasalnya, tim berseragam merah tersebut hanya berhasil meraih 11 tembakan tiga angka dari 34 kali percobaan, presentase tembakan masuk yang hanya sebesar 39 persen, serta melakukan 19 kali turnover. Sistem pertahanan Warriors efektif menjegal langkah Houston kembali mencuri 1 gim dari Warriors.

Di lapangan, permainan pertahanan Golden State terlihat dari beberapa momentum penjagaan skuat eks juara NBA musim lalu. Salah satunya ketika Kevon looney melakukan block atas Luc Mbah A Moute dari Houston.

Kala itu kedua pemain sama-sama beradu dari garis tepi (baseline) Warriors. Ketika Mbah A Moute hendak melakukan slam dunk ke ring Warriors, Looney melakukan block tepat di hadapan Mbah A Moute, memberikan kesempatan untuk Warriors melakukan serangan balik.

Belajar dari kekalahan gim kedua, penyerangan Warriors meningkat dengan cukup baik. Peningkatan terlihat dari presentase tembakan tiga angka, tembakan berhasil, dan tembakan bebas.

Presentase tembakan tiga angka Warriors meningkat sebanyak 10 persen dibandingkan gim sebelumnya. Dari lima pemain utama (starting five) yang membela Golden State, hanya Andre Iguodala yang tidak menyumbangkan tembakan tiga angka. Stephen Curry menyokong lima tembakan tiga angkan untuk timnya, disusul oleh Kevin Durant dengan tiga tembakan, serta Klay Thompson dan Draymond Green dengan masing-masing satu tembakan. Beberapa pemain cadangan juga turut berkontribusi mencetak tiga angka untuk tim tuan rumah.

Warriors hanya gagal mengeksekusi satu tembakan bebas dari 18 tembakan bebas yang didapat, meningkat 12,2 persen dari gim sebelumnya. Sedangkan presentase tembakan berhasil meningkat sebesar 6,1 persen dari gim kedua.

Kini Warriors memimpin klasemen dengan perolehan 2-1 atas Houston. Adapun babak playoffs NBA akan bergulir mencari tim dengan perolehan terbaik dari tujuh gim atau dikenal dengan best of seven. Laga berikutnya antarkedua tim akan kembali dilangsungkan di kandang Warriors, Oracle Arena, Oakland, Selasa (18/05/18) waktu setempat.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: NBAE

Data: espn.com, nj.com