Racikan Oklahoma City Thunder Cetak Ulang “Big Three”

Dari kiri ke kanan: Paul George, Carmelo Anthony, dan Russell Westbrook dengan seragam away Oklahoma City Thunder.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Partai barat Liga Basket Amerika Serikat (NBA) kembali dikejutkan setelah Carmelo Anthony menyetujui untuk bermain dengan Oklahoma City Thunder. Bersama dengan Russell Westbrook dan Paul George, Anthony kembali menyusun ulang formasi “big three” Thunder yang sempat redup musim lalu.

Big three pada NBA merupakan sebutan untuk tiga pemain utama dalam suatu tim yang dapat meningkatkan peluang angkat trofi suatu tim. Predikat big three hanya diberikan pada pemain tertentu pada suatu tim yang mendominasi permainan dalam tim tersebut, tidak ada ukuran yang baku akan hal tersebut.

Pun, formasi big three saat ini bukan merupakan yang pertama di Thunder, pada musim 2011-2012 lalu Thunder memiliki big three yang terdiri atas Westbrook, Kevin Durant, dan James Harden. Formasi ini sempat menghantarkan Thunder sampai pada NBA Finals meski kemudian ditumbangkan Miami Heat.

Penambahan Anthony yang merupakan eks bintang New York Knicks seolah meningkatkan peluang Thunder dalam merenggut kejuaraan NBA musim ini. Penambahan ini juga merupakan follow-up dari bergabungnya George Juli lalu dengan Thunder.

Musim lalu telah membuktikan bahwa Russell Westbrook yang dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) tak dapat membawa Thunder menuju podium sendirian. Kegagalan Thunder mencapai babak perempat final tahun lalu mendorong Manajer Umum Thunder Sam Presti untuk melakukan perombakan strategi, salah staunya melalui pembentukan big three.

“Saya tidak melihat kecenderungan resiko tertentu dengan tim yang kami miliki saat ini,” ujar Presti diwartakan oleh thunderousintentions.com.

Musim ini akan menjadi musim penyesuaian kembali untuk Thunder. Pasalnya, ketiga pemain tersebut berasal dari tim yang berbeda musim sebelumnya. George berasal dari Indiana Pacers dan Anthony dari New York Knicks bergabung dengan Westbrook yang memang sudah ada di Thunder sebelumnya.

Melansir cbssport.com, Anthony perlu banyak melakukan penyesuaian dengan Westbrook di Thunder. Permainan dominan keduanya akan menjadi masalah bila salah satu di antara mereka tidak memutuskan untuk mengalah. Baik Westbrook maupun Anthony merupakan pencetak angka utama dan dapat mencetak angka dari berbagai segi penyerangan.

Berbeda dengan George, pemain bernomor punggung 13 tersebut dapat menjadi pemain pendukung yang baik meski sebelumnya George juga merupakan pemain utama di Pacers. Perbedaannya, George dapat bermain sebagai penyeimbang pemain lainnya dengan tidak terlalu dominan menguasai bola. Keandalannya dalam menembak bola ke ring menjadi senjata penyerangan yang tepat untuk mendukung pemain dominan yang terpaksa harus mengumpan kepadanya.

Melansir theringer.com, Thunder telah mendapatkan 3 dari 20 pemain terbaik di NBA musim lalu, menjadikannya tim yang cukup kuat di partai barat NBA. Thunder dinilai dapat menyaingi tim papan atas partai barat seperti Golden State Warriors dan Houston Rockets.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: clutchpoints.com

Sumber: bleacherreport.com, theringer.com, cbssport.com, stats.nba.com, newsok.com, thunderousintentions.com, olahraga.kompas.com