Kecelakaan, Uber Hentikan Uji Coba Kendaraan Kemudi Otomatis

kendaraan kemudi otomatis Uber alami kecelakaan
Mobil kendali otomatis dari pihak Uber terguling setelah mengalami tabrakan di Arizona pada Jumat (24/3/2017).
Share:

ARIZONA, ULTIMAGZ.com – Uji coba kendaraan kemudi otomatis yang dilakukan oleh Uber terpaksa harus dihentikan untuk sementara waktu. Tindakan ini diambil oleh pihak penyedia jasa transportasi itu setelah salah satu unit kendaraannya mengalami kecelakaan di kota Tempe, Arizona, Amerika Serikat pada Jumat (24/03/17) lalu.

Kecelakaan yang menyebabkan SUV Volvo terguling itu terjadi saat mobil sedang menggunakan mode kemudi otomatis. Dua orang yang berada di kursi depan mobil saat kecelakaan terjadi juga tidak mengalami luka apapun. Mobil Volvo milik pihak Uber sendiri rusak tidak terlalu parah walaupun terguling, sedangkan mobil lainnya yang terlibat dalam tabrakan itu ringsek cukup parah di bagian kanannya.

Juru bicara Departemen Kepolisian Tempe Josie Montenegro mengatakan bahwa insiden itu terjadi akibat pengemudi kendaraan lain enggan memberikan jalan kepada mobil Uber saat sedang berada di persimpangan.

“Kedua mobil itu akhirnya bertabrakan yang membuat mobil Uber terguling kesamping,” katanya dalam sebuah surel yang dikutip dari laman 4-traders.com.

Walaupun sudah dilengkapi dengan sistem untuk menjalankan mobil dengan sendirinya, Uber menyatakan tetap harus ada pengemudi yang bersiaga di balik kemudi. Penempatan pengemudi dilakukan untuk berjaga-jaga seandainya muncul keadaan di mana mobil membutuhkan intervensi dari manusia, cuaca buruk misalnya.

Anehnya, kecelakaan tetap tidak dapat dihindari walaupun ada orang di dalam mobil. Josie pun tidak tahu apa yang sedang dilakukan oleh penumpangnya sebelum tabrakan itu terjadi. Pihak Uber sendiri melakukan penarikan terhadap kendaraan handsfree ini mulai dari Arizona, menyusul kemudian Pennsylvania dan California.

Penulis: Gilang Fajar Septian

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: reuters.com

Sumber: otomotif.tempo.co, bbc.com, 4-traders.com