“The Nun” Kisahkan Awal Teror Valak

The Nun hadir di layar lebar Indonesia pada Rabu (05/09/18) mengkisahkan awal teror Valak sebelum bertemu Ed Lorraine.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tepat hari Rabu (05/09/18) film The Nun ditayangkan di layar lebar Indonesia mengisahkan cerita awal sebelum iblis Valak yang bertemu dengan pasangan pemburu hantu, Edward Warren Miney dan Lorraine Rita Warren.

Kembali ke tahun 1952, The Nun berlatar di suatu biara bekas kastil terpencil di Rumania yang dinilai warga desa sebagai tempat bersemayamnya iblis, sehingga dihindari dan diacuhkan.

Kisah diawali dengan seorang suster yang didapati meninggal akibat bunuh diri di biara tersebut, jasadnya kemudian ditemukan Maurice “Frenchie” Theriault (Jonas Bloquet). Akibat kematian tak wajar tersebut, Pastor Burke (Demián Bichir) dan Suster Irene (Taissa Farmiga) ditugaskan menyelidiki kasus kematian tersebut.

Alur cerita campuran dari masa kini, masa lampau, hingga masa yang akan datang tak membuat penonton hilang dalam cerita. Sebab, alur tersebut malah menjelaskan dan menghubungkan dengan film-film petualangan paranormal pasangan Warren produksi James Wan terdahulu. Film ini juga menjelaskan latar belakang Valak, karakter antagonis pada film The Conjuring 2. Pemaparan karakter Valak pada film ini menjawab rasa penasaran penonton akan sejarah tokoh tersebut.

Pengambilan lokasi kastil terpencil sebagai latar tempat menambah kesan angker dalam The Nun. Ditambah dengan stigma masyarakat tentang tempat terpencil dan tak terawat memberi efek mencekam saat melihat lokasi biara tersebut.

Meski cukup menyeramkan bagi penonton mula di genre horor, jump scare pada film ini dapat dengan mudah ditebak oleh pecinta film segenre. Akibatnya, efek seram hanya terasa sementara dan penonton semakin mudah menebak adegan seram berikutnya. Hal ini disebabkan oleh penempatan angle kamera serta posisi pemeran yang seolah memberikan aba-aba bagi penonton.

Dibandingkan film pendahulunya, The Conjuring, efek ngeri dan keseraman terasa lebih kuat. Namun, masih dinilai kurang bagi pecinta film horor, terlebih tak membalas ekspektasi tinggi penonton setelah menonton trailer film ini.

Akhir film pun mudah ditebak penonton. Layaknya tipikal film horor lainnya, bagian akhir film dibuat seolah masih akan ada sekuel berikutnya. The Nun belum sepenuhnya berhasil memenuhi ekspektasi penyuka genre horror, tetapi masih cocok untuk mengisi waktu luang.

 

Penulis : Theresia Amadea

Editor : Ivan Jonathan

Foto : kroq.radio.com