MPC Film Festival 2021 Rayakan Kreasi Anak Muda

Awarding Night MPC Film Festival 2021. (ULTIMAGZ/Xena Olivia)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Movie Production Club (MPC) Film Festival kembali rayakan kreasi anak muda dalam dunia perfilman. Acara yang digelar secara daring ini, dirangkai oleh kompetisi film pendek dan workshop yang bisa diikuti para antusias film.

MPC Film Festival digelar dalam rangka merayakan hari perfilman nasional yang jatuh pada 30 Maret. Puncak acara yakni, screening & awarding night diselenggarakan pada Sabtu, 5 Juni 2021 via YouTube live-stream. Para peserta diberikan kesempatan untuk menilik 27 film pendek yang berhasil lolos sebagai seleksi resmi MPC.

Submisi film pendek yang dibuka dari Febuari hingga Mei 2021 diramaikan oleh peserta dari berbagai jenjang, yaitu SMA, Universitas, dan BK2-PTKI (Badan Koordinasi Kemahasiswaan Perguruan Tinggi Kristen Indonesia). Terdapat 66 karya yang mengangkat beragam tema dan isu sosial terkini.

Acara awarding night umumkan juara satu, dua, dan tiga dari setiap jenjang. Juri MPC Film Festival, Dimas dan Sabrina ungkap mengalami kesulitan dalam memilih pemenang. Ternyata, hal ini disebabkan keragaman dan keunikan dari setiap submisi peserta.

Salah satunya, pemenang juara satu film pendek jenjang SMA berjudul “Between Days” berkhayat menggunakan metode “film bisu”. Meskipun absen dialog, film tersebut berhasil memanfaatkan audio dan visual untuk menyampaikan pesannya. Sedangkan, untuk pemenang juara satu jenjang universitas berjudul “Who Says What in Which Channel to Whom With What Effect?” menggunakan metode yang jauh berbeda yakni, dokumenter.

Meskipun keragaman tersebut sempat membuat bimbang, Sabrina ungkap pemilihan pemenang didasarkan oleh cara suatu film menyampaikan pesannya.

“Film yang bagus bukan hanya yang keren secara pengambilan gambar, audio atau teknik, tetapi yang bisa berhasil menyampaikan sesuatu,” ungkap Sabrina.

Selain itu, para juri juga memberikan apresiasi kepada para film maker yang berhasil berkarya semasa pandemi. Mereka ungkap merasakan perbedaan signifikan serta hambatan dikarenakan pembatasan untuk bertemu dengan satu sama lain. Namun, adanya MPC Film Festival semakin membuktikan bahwa karya anak muda berani ditantang dan malah semakin inovatif.

Perwakilan dari MPC Universitas Pelita Harapan (UPH), Dimas berharap semangat anak muda tetap berkobar meski melalui banyak rintangan, terutama dalam dunia perfilman dimana kreatifitas anak muda sangat dibutuhkan.

“Jangan pernah menyerah, apapun itu hambatan dan cobaannya. Tetap semangat, tetap bekerja dan yang pasti tetep belajar,”  ucap Dimas.

 

Penulis : Arienne Clerissa

Editor : Andi Annisa Ivana Putri

Fotografer : Xena Olivia