Samsung Resmi Luncurkan Trio Galaxy S10

Samsung resmi luncurkan Galaxy S10 pada acara “Galaxy Unpacked 2019”, Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat. (Foto: kompas.com)
Share:

SAN FRANCISCO, ULTIMAGZ.com – Seri Galaxy yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi diluncurkan. Dalam seri ini Samsung menghadirkan tiga model, yaitu S10, S10+, dan S10e.

Perusahaan ponsel pintar ternama asal Korea Selatan ini menampilkan ketiga model Galaxy S10 dalam acara “Galaxy Unpacked 2019” di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, Amerika Serikat. Peluncuran ini juga menjadi sejarah akan genapnya 10 tahun seri Samsung Galaxy.

Hal ini menjadi pertama kalinya Samsung mengeluarkan tiga versi flagship Galaxy S. Beberapa aspek dalam Galaxy S10 merupakan pertama kali digunakan. Seperti, layar, jumlah kamera, pemindai sidik jari, kapasitas baterai, dan chipset.

Layar

S10, S10+, dan S10e masing-masing mempunyai perbedaan. Layar pada S10 dan S10+ berukuran 6,1 inci dengan model layar infinity-O display. Sedangkan S10e, berukuran 5,8 dengan layar datar. Ketiganya memiliki layar Quad HD+ Dynamic AMOLED dengan rasio 19:9.

Layar S10 juga merupakan ponsel pertama yang dapat dilipat. Bagian dalam layar menggunakan Dynamic AMOLED WXGA+ dengan rasio 16:10. Terdapat pula engsel yang dipasang untuk mempermudah membuka dan melipat layar dengan mulus.

Kamera

Pada fitur kamera, hanya S10e yang dibekali dua kamera belakang dan satu kamera depan. Sedangkan kedua model lainnya memiliki tiga kamera yang diletakkan di belakang. Namun, sebenarnya keduanya tetap ada perbedaan. Pada S10 hanya ada satu kamera selfie dan S10+ memiliki dua kamera swafoto.

Ketiganya memiliki resolusi yang sama, yaitu 12 MP, 12 MP, dan 16 MP. Satu lagi sebesar 10 MP untuk kamera depan yang dilengkapi fitur antigoyang OIS. Tambahan 8 MP untuk kamera depan S10+ yang lain.

Pemindai Sidik Jari

Untuk pertama kalinya, Samsung memasangkan fitur pemindai sidik jari di dalam layar. Fingerprint scanner yang tertanam dalam layar ini terdapat pada S10 dan S10+, sedangkan pada S10e terdapat di tombol power. Pemindai sidik dalam layar ini menggunakan teknologi ultrasonik yang bekerja dengan mendeteksi denyut nadi.

Face recognition menjadi salah satu cara untuk membuka kunci­ ponsel. Fitur ini juga sebagai pengganti iris scanner yang digunakan pada seri Galaxy sebelumnya.

Baterai

Kapasitas baterai ketiga model berbeda-beda. Mulai dari S10 yang berkapasitas 3.400 mAh, lalu S10+ dengan kapasitas lebih besar yaitu 4.100 mAh, dan terakhir S10e sebesar 3.100 mAh. Seri galaxy yang satu ini dibekali dengan reverse wireless charging atau pengisi daya tanpa kabel. Uniknya adalah kemampuan wireless power charge dapat mengecas ponsel lain hanya dengan menempelkannya pada S10.

 Chipset

S10 menjadi debut pertama untuk menggunakan chipset Snapdragon 855. Namun, Samsung juga menggunakan Exynos 9820. Penggunaan chipset ini tergantung dari wilayah tempat ponsel ini dipasarkan. Jangan bersedih, kedua chipset ini sama-sama dipadukan dengan tiga pilihan RAM, yaitu 6 GB, 8 GB, dan 12 GB. Memori internalnya sendiri berkapasitas mulai dari 128 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Saat ini Samsung Galaxy S10 belum dijual secara pasaran. Walaupun demikian, harga yang akan dijual pasaran telah diinfokan di acara peresmian. Harga dari trio Galaxy ini sekitar Rp10.4999.000 hingga Rp23.999.000. Pemesanan secara daring dapat dilakukan mulai tanggal 22 – 28 Febuari 2019 melalui laman web www.GalaxyLaunchPack.com

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: kompas.com

Sumber: tekno.kompas.com, inet.detik.com, tekno.tempo.co