Cosmax Indonesia Hadirkan Konsep “Conscious Beauty”

ilustrasi conscious beauty
Ilustrasi conscious beauty. (Foto: Unsplash/Content Pixie)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Manufaktur kosmetik PT Cosmax Indonesia menghadirkan konsep conscious beauty dalam bisnis perusahaan. Langkah ini diambil untuk menyesuaikan dengan meningkatnya permintaan terhadap produk ramah lingkungan dan tidak membahayakan hewan (cruelty-free).

“PT Cosmax Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik global berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas dan mendukung industri yang sadar akan lingkungan,” jelas Presiden Direktur PT Cosmax Indonesia Cheong Min-kyung dalam sebuah rilis pers.

Ia melanjutkan, oleh karena itu, perusahaan akan ikut mengembangkan industri kecantikan yang berkelanjutan dan peningkatan penggunaan produk ramah lingkungan.

penggunaan panel surya pt cosmax indonesia
Panel surya di pabrik PT Cosmax Indonesia, Ciracas, Jakarta Timur. (Foto: Dokumentasi PT Cosmax Indonesia)

Ada beberapa tindakan yang sudah dilakukan oleh manufaktur di bawah naungan COSMAX KOREA ini untuk mewujudkan conscious beauty. Misalnya, penggunaan panel surya sebagai energi listrik berkelanjutan pada pabrik utama PT Cosmax Indonesia. Hal ini merupakan opsi yang lebih ramah lingkungan karena mengurangi emisi karbon.

Selain operasi pabrik, conscious beauty juga diterapkan dalam proses produksi ramah lingkungan dengan sertifikasi internasional maupun nasional. Untuk standar internasional, ada sertifikat produksi kosmetik organik (COSMOS), sertifikat vegan (EVE VEGAN), cara produksi yang baik (GMP), dan standar mutu internasional (ISO). Sementara itu, sertifikasi nasional didapat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

vaksinasi gratis pt cosmax indonesia
Gerai vaksinasi gratis yang diadakan oleh PT Cosmax Indonesia di Ciracas, Jakarta Timur pada 15-29 September 2021. (Foto: Dokumentasi PT Cosmax Indonesia)

Manufaktur yang sudah beroperasi di Indonesia sejak 2012 ini juga memasukkan aspek komunitas dalam praktik conscious beauty. PT Cosmax Indonesia melaksanakan vaksinasi gratis bagi tiga ribu penduduk yang tinggal di Ciracas, yaitu sekitar area pabrik PT Cosmax Indonesia pada tanggal 15 – 29 September 2021.

PT Cosmax Indonesia menganggap bahwa industri kecantikan di dalam negeri terus berkembang. Namun, perkembangannya ternyata diikuti oleh dampak pada lingkungan hidup, seperti limbah produksi dan sampah kemasan. Akhirnya, solusi ada pada konsep conscious beauty yang merupakan pendekatan terhadap produk kecantikan sehari-hari dengan memperhatikan aspek manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab pada lingkungan. 

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: Dokumentasi PT Cosmax Indonesia, unsplash.com