Teh Chamomile, Kaya Akan Manfaat

Ilustrasi teh chamomile. (Sumber: pexels.com)
Ilustrasi teh chamomile. (Sumber: pexels.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Teh herbal merupakan minuman awam yang kaya akan manfaat. Salah satu jenis teh yang sering diminum adalah teh Chamomile, teh yang berasal dari bunga Chamomile.  Ramuan ini telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan, dilansir dari healthline.com.

“Chamomile adalah ramuan yang sangat lembut dan mendukung untuk segala usia yang dapat Anda konsumsi setiap hari,” kata Lindsay Kluge, seorang ahli gizi dalam oprahmag.com.

Yuk, simak beragam manfaat teh ini untuk tubuh:

  1. Meningkatkan kualitas tidur.

Melansir healthline.com, teh chamomile mengandung apigenin, antioksidan yang memengaruhi bagian otak tertentu manusia yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia. Selain itu, sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari memiliki 1/3 lebih sedikit waktu terbangun di malam hari, pun juga tertidur 15 menit lebih cepat daripada orang yang tidak mengonsumsi ekstrak chamomile.

  1. Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Mengutip medicalnewstoday.com, ada beberapa penelitian yang mengaitkan khasiat teh chamomile dalam mengurangi keparahan kram menstruasi. Sebuah studi tahun 2010, misalnya, menemukan bahwa mengonsumsi teh chamomile selama sebulan dapat mengurangi nyeri menstruasi.

  1. Meningkatkan sistem imun.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa meminum teh chamomile dapat meningkatkan senyawa anti-bakteri dalam tubuh, dilansir dari treehugger.com. Selain itu, teh herbal ini mengandung senyawa kimia yang dapat mengurangi peradangan tubuh ketika melawan infeksi. Namun, peradangan yang terjadi dalam  jangka panjang dapat terkait dengan beberapa penyakit yang lebih serius, bersumber dari medicalnewstoday.com.

  1. Mengatur kadar gula darah.

Mengonsumsi teh chamomile diperkirakan mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Melansir healthline.com, sifat anti-peradangan yang dimiliki teh herbal ini dapat mencegah kerusakan pada sel-sel pancreas yang terjadi ketika kadar gula darah seseorang meningkat secara kronis.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung.

Teh chamomile kaya akan flavones, salah satu jenis antioksidan. Flavones sendiri telah dipelajari lebih lanjut untuk melihat potensinya dalam menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang merupakan penanda penting dari risiko penyakit jantung, dikutip dari healthline.com.

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Xena Olivia

Foto: pexels.com

Sumber: treehugger.com, oprahmag.com, medicalnewstoday.com, healthline.com