Berawal dari Twitter, Akun YouTube Calon Sarjana Ditemukan Plagiat Konten

Akun YouTube asal Indonesia 'Calon Sarjana' yang memiliki jumlah subscribers sebnayak 12.4 juta diduga melakukan pencurian konten. (Sumber: mediainformasi.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Akun YouTube Calon Sarjana dituding melakukan pelanggaran hak cipta. Tudingan ini berlandaskan pada aksi pencurian konten yang dilakukan oleh Calon Sarjana dari YouTuber asing yang dikenal publik sebagai JT.

Kasus ini muncul ke permukaan ketika JT membuat sebuah cuitan pada Rabu (06/11/19) mengenai videonya yang secara menyeluruh diambil oleh Calon Sarjana, mulai dari konten, judul, hingga thumbnail. Pencantuman kredit pun absen dilakukan oleh Calon Sarjana. Selain di Twitter, JT juga mengunggah video penjelasan kontennya yang dicuri di akun YouTubenya.

 

“Mereka meletakkan watermark mereka di thumbnail-ku dan mengklaim sebagai milik mereka. Mereka mengaku seluruh video, mengaku menemukan semuanya, melakukan penelitian, yang sebenarnya hanya dicuri dariku,” imbuh JT seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Cuitan JT menjadi viral, bahkan sempat berada di posisi satu trending Twitter Indonesia Kamis (07/11/19). Menanggapi cibiran dari warganet, Calon Sarjana mengirim permintaan maaf kepada JT melalui direct message Twitter dan sebuah thread di akun mereka.


 

Warganet sontak melontarkan kekecewaan terhadap perilaku akun YouTube yang memiliki 12,4 juta subscribers tersebut. Melalui cuitan salah satu Komika, Ernest Prakarsa, diketahui bahwa Calon Sarjana merupakan bagian dari Infia Group, sebuah perusahaan media yang kontroversial sejak dahulu. Penyebutan ini dikarenakan Infia juga menaungi Dagelan, akun Instagram yang pernah melakukan pencurian konten untuk diunggah kembali di akun mereka.

Peta perusahaan Infia Group. (Sumber: indozone.id)

Munculnya nama Infia yang menjadi dalang di balik insiden ini membuat CEO Infia Richo Pramono angkat suara. Masih menggunakan kanal Twitter, ia meminta maaf atas dugaan pelanggaran hak cipta.

Namun Richo juga mengatakan bahwa Calon Sarjana adalah partner eksklusif Infia. Kewenangan Infia hanya sebatas pemasaran akun, bukan dalam pemilihan konten.

Calon Sarjana sejatinya adalah akun yang mengunggah berbagai macam video. Umumnya, video di akun tersebut memaparkan beragam fakta dengan nuansa lucu, misteri, maupun horor yang tak jarang mengandung clickbait. Calon Sarjana juga memiliki akun ‘saudara’ seperti Calon Ilmuwan, Calon Profersor, Calon Sutradara, dan Calon Atlet.

 

Penulis: Andi Annisa Ivana Putri

Editor: Ivan Jonathan

Sumber: kompas.com, inet.detik.com, indozone.id

Foto: indozone.id, mediainformasi.com