Marissa Anita Perangi Tuntutan Multitasking dengan Sikap Mindfulness

Mindfulness Ultimagz
Web seminar Mindfulness Project menganjurkan audiens untuk menerapkan konsep Monotasking dalam setiap pekerjaan agar melatih diri untuk menjadi lebih fokus dan tidak mudah untuk stress. (ULTIMAGZ/ Caroline Saskia)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Pernahkah Ultimates merasa stres serta lelah dengan banyaknya tuntutan hidup dan waktu berjalan dengan cepat? Hal tersebut wajar untuk dirasakan, terlebih bila Ultimates melakukan banyak pekerjaan di satu waktu (multitasking). Lead Editor Greatmind.id Marissa Anita membagikan kisahnya untuk memerangi tuntutan dunia yang ambisius, lewat sikap sadar akan diri sendiri secara penuh (mindfulness) pada Minggu (09/08/20).

Melalui web seminar bertajuk “Mindfulness in an Ambitious World”, Marissa menjelaskan bahwa manusia harus belajar mindfulness agar tidak stres. Jurnalis sekaligus aktris ini juga menyarankan untuk mulai mengubah gaya hidup multitasking menjadi monotasking.

“Karena ketika melakukan satu demi satu (monotasking) akan jauh lebih fokus. Jauh lebih tenang dan kita enggak buru-buru. Kayak oke kita udah alokasikan waktu nih pekerjaan ini, satu gue kerjakan tanpa interupsi, tanpa distraksi,” jelas Marissa.

Dengan monotasking, Marissa mengatakan, hasil yang akan dicapai juga lebih maksimal karena tubuh dan pikiran berada di satu waktu. Pekerjaan pun akan lebih cepat terselesaikan karena Marissa juga mencoba mengontrol segala macam hal yang mengalihkan perhatian, salah satunya ponsel.

“Biasanya hidup dengan segala macam distraksi ini harus ada dalam kontrol kita. Jangan kita yang malah dikontrol sama ponsel. You’ll be more focus. Jadi apapun ambisimu, apapun achievement-mu itu akan lebih cepat tercapai kalau kita fokus,” tambahnya.

Apabila Ultimates berlarut-larut dengan aktivitas yang sibuk tanpa bersikap mindful, Marissa memastikan bahwa Ultimates tidak akan bisa menikmati kehidupan. Selain itu, kesehatan emosi juga dapat terganggu.

“Sumbunya pendek karena selalu merasa terburu-buru. Kita juga gampang terprovokasi, gampang sekali terprovokasi dan enggak tenang, enggak hepi saja,” pungkasnya.

Marissa percaya bahwa menjadi seseorang yang mindful dapat membantu untuk menjaga kestabilan dan kedamaian hati. Ujungnya, Ultimates dapat memelihara kesehatan mental dan tetap produktif dengan cara masing-masing.

Tahun ini, Marissa Anita menjadi salah satu dari 15 narasumber dalam acara Mindful Project dengan Riliv dan diselenggarakan sejak Sabtu (08/08/20) hingga Senin (10/08/20). Mindful Project merupakan salah satu acara bertujuan untuk memperkenalkan budaya baru dan gaya hidup sehat kepada masyarakat supaya bisa hidup lebih bahagia dan welas asih.

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Agatha Lintang Kinasih

Foto: Caroline Saskia