Kepercayaan, Apa Pentingnya dalam Hubungan?

kepercayaan dalam hubungan (ultimagz)
Ilustrasi pasangan yang menjalin hubungan dengan kepercayaan. (ULTIMAGZ/Veronica Novaria)
Share:

The best way to find out if you can trust somebody is to trust them. – Ernest Hemmingway

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kepercayaan merupakan elemen penting dalam berbagai hubungan, salah satunya hubungan romantis. Rasa percaya mampu membebaskan diri dari rasa takut berlebihan, tetapi juga dapat menjadi senjata ampuh yang mengecewakan.

Shirley Glass memberikan sedikit gambaran mengapa rasa percaya menjadi penting dalam suatu hubungan. “Hubungan intim bergantung pada kejujuran dan keterbukaan. Mereka dibangun dan dipelihara melalui iman kita sehingga kita bisa percaya apa yang dikatakan kepada kita,” ujarnya dalam psychalive.org.

Psikolog asal Amerika Serikat ini menambahkan bahwa rasa percaya dapat dianggap sebagai perekat yang menyatukan hubungan. Rasa percaya dapat memberikan hubungan emosional yang positif antar pasangan berdasarkan kasih sayang, cinta, dan kesetiaan.

Selain itu, Shani Jay dalam zoosk.com mengatakan, dalam memercayai seseorang perlu diingat bahwa kepercayaan adalah jalan dua arah. Kepercayaan tidak hanya berbicara tentang pasangan serta tindakannya, tetapi juga memercayai naluri diri dan berpegang teguh pada batasan yang dibuat.

“Terkadang orang-orang memasuki hubungan dengan membawa masalah kepercayaan dari masa lalu mereka, berharap bahwa pasangan mereka akan memberi alasan yang cukup untuk mempercayai mereka. Akan tetapi, masalah dari pola pikir ini adalah kamu cenderung menarik orang yang memiliki kepercayaan dan masalah kepercayaan yang serupa,” ujar Shani.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kepercayaan mampu memberikan ketenangan sekaligus kekecewaan. Rasa percaya menjadi  sesuatu yang mahal harganya dan susah diberikan, tetapi mudah untuk dihancurkan. Terkadang rasa percaya dapat diperlakukan seenaknya oleh orang yang belum sadar seberapa berartinya rasa itu. Kemudian dengan kondisi sadar, mereka merusak kepercayaan yang telah diberikan. Perilaku tersebut dapat menghancurkan perasaan orang yang sudah memberikan kepercayaannya tadi.

Melansir artikel dari psychologytoday.com, meskipun rasa percaya sulit dibangun serta berisiko menghancurkan diri sendiri, tetapi kepercayaan adalah aspek penting dalam membangun sebuah hubungan yang bahagia dan memuaskan. Terlebih bagi orang-orang yang menginginkan hubungan jangka panjang dan berkomitmen. Pasalnya, rasa percaya membantu seseorang untuk memastikan bahwa terdapat perasaan positif akan hubungan dan koneksi dengan pasangannya. Rasa percaya juga berdampak pada tingkat keadilan dan kesetaraan dalam suatu hubungan.

Anita Chlipala selaku terapis pernikahan dalam lifestyle.kompas.com mengatakan, kepercayaan dapat menciptakan kenyamanan, keamanan, dan keterbukaan bagi kedua pasangan. Anita juga menjelaskan bahwa tanpa rasa percaya, suatu hubungan akan memiliki banyak hal negatif, kecemasan, dan rentan untuk kandas.

Selain itu, Shani dalam zoosk.com juga menjelaskan, hubungan tidak dapat bertahan tanpa kepercayaan karena sejumlah alasan. Jika seseorang tidak memiliki rasa percaya terhadap pasangannya, ia akan mudah merasa ragu untuk hal sekecil apapun. Saat pasangannya makan bersama dengan temannya, misalnya. Keraguan ini akan memunculkan banyak argumen yang dapat menjadi beban dalam hubungan yang dijalani. Maka dari itu, penting untuk menaruh kepercayaan antara satu sama lain dalam sebuah hubungan. 

 

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: Veronica Novaria

Sumber: zoosk.com, lifestyle.kompas.com, psychologytoday.com, psychalive.org