Lima Takjil Manis Bulan Ramadan Khas Indonesia

takjil
Lima takjil manis khas Indonesia, yaitu (dari kiri atas) Biji Salak, Kolak, Es Pisang Ijo, Es Kacang Merah, dan Pukis Arab. (Foto: Tokopedia, kompas.com, tribunnews.com, idntimes.com, inibaru.id, yukpigi.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Saat bulan Ramadan, seluruh umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa dari matahari terbit hingga tenggelam. Ultimates mungkin sering mendengar perkataan ‘berbukalah dengan yang manis-manis’. Ada berbagai takjil dari seluruh daerah Indonesia, tetapi berikut lima takjil manis bulan Ramadan khas Indonesia.

Baca juga: Anjuran Menu Berbuka Puasa, Mengapa dengan Makanan Manis?

  1. Kolak
foto kolak
Kolak pisang, ubi, dan singkong yang disajikan dengan kuah santan dan gula jawa. (Foto: tokopedia.com)

Takjil satu ini tidak pernah absen saat bulan Ramadan. Ada berbagai macam jenis kolak yang populer di masyarakat seperti kolak pisang ubi, kolak nangka, hingga kolak durian. Kolak berisikan pisang, ubi, dan singkong merupakan jenis kolak yang paling umum yang ditemukan. Ketiga bahan utama ini direbus dengan kuah santan dan gula jawa. Alhasil, rasa manis dan gurih yang hangat menjadikan kolak sebagai takjil paling cocok untuk berbuka puasa.

       2. Es Pisang Ijo

foto es pisang ijo
Es pisang ijo dari Makassar terbuat dari pisang dibalut adonan hijau. (Foto: kompas.com)

Berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan, menu takjil ini disajikan dalam visual yang unik. Pisang dibungkus dalam adonan hijau lalu dikukus. Setelah dikukus, pisang dipotong-potong dan dihidangkan dengan paduan es, santan, dan sirup merah. Warna hijau dalam adonan menggunakan pewarna alami, yaitu daun suji dan pandan. Tekstur yang legit, rasa manis dan gurih, serta aroma pandan dan santan  membuat es pisang ijo takjil buka puasa favorit Makassar hingga Indonesia.

       3. Biji Salak

foto biji salak
Biji salak asal Betawi berbahan dasar ubi dan tepung tapioka dengan kuah santan dan gula jawa. (Foto: Tribunnews.com)

Biji salak terbuat dari campuran ubi dan tepung tapioka yang direbus, dan disajikan dengan kuah santan serta gula merah. Serupa namun tak sama, hidangan ini kerap kali tertukar dengan candil yang kuahnya sama-sama santan dan gula merah. Bedanya, biji salak menggunakan ubi sebagai bahan dasar sedangkan candil berbahan dasar tepung beras. Selain itu, biji salak merupakan takjil khas Betawi sementara candil berasal dari daerah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

       4. Es Kacang Merah

foto es kacang merah
Paduan es serut, kacang merah, susu, dan sirup merah dalam es kacang merah. (Foto: inibaru,id)

Kacang merah ternyata tidak hanya digunakan dalam sup dan makanan panas. Hidangan asal Palembang, Sumatera Selatan ini terbuat dari es serut, kacang merah yang sudah direbus, susu kental manis, dan sirup merah. Kacang merah yang empuk berpadu dengan es, susu kental manis, dan sirup menjadikan es kacang merah takjil manis nan segar untuk berbuka puasa. 

       5. Pukis Arab

foto pukis arab
Kue pukis arab hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadan di Surabaya. (Foto: idntimes.com)

Kue pukis biasanya berbentuk setengah lingkaran dengan topping cokelat meses atau keju. Namun, pukis arab memiliki bentuk seperti cupcake sebesar kepalan tangan orang dewasa. Uniknya, takjil ini hanya ada saat bulan Ramadan dan dapat ditemukan di Kawasan Wisata Ampel, Surabaya. Sama seperti kue pukis pada umumnya, pukis arab terbuat dari telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan.

takjil
Infografik makna nama lima takjil khas Indonesia. (Infografik: Jessica Elisabeth/ULTIMAGZ)

Terlepas rasa manis dan nama yang unik pada takjil-takjil di atas, ada kisah di balik penamaannya. Seperti kolak menjadi makanan pengingat untuk bertobat dan es pisang ijo yang melambangkan kesakralan dan kesucian. Takjil mana yang jadi favorit Ultimates?

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Andi Annisa Putri

Foto: tokopedia.com, kompas.com, tribunnews.com, idntimes.com, inibaru.id, yukpigi.com, Jessica Elisabeth Gunawan

Sumber: tribunnews.com, sulsel.idntimes.com, kumparan.com, kompas.com, inibaru.id, idntimes.com, historia.id